Trending

Mukni Ajak Petani Aren Kotabaru Mulai Tanam Bibit Unggul

WAWANCARA: Politisi Partai Golkar, Mukni AF ketika menyampaikan gagasan perihal penanaman bibit unggul bagi petani gula aren - Foto Dok Mawardi


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Mukni AF, mengimbau kepada para petani gula aren agar selain memproduksi gula merah juga melakukan penanaman bibit unggul.

Ia mengatakan, selama ini petani aren hanya mengandalkan bibit pohon aren lokal atau bahkan tumbuh liar di lahan mereka.

“Para petani harus melakukan revitalisasi jenis tanaman bibit unggul agar ke depannya dapat berkembang lebih baik,” ucapnya, belum lama ini.


Mukni menjelaskan, para petani sudah saatnya beralih dari bibit aren lokal ke bibit pohon aren unggul jenis genjah. Menurutnya bibit jenis ini mampu mengoptimalkan hasil nira untuk para petani sehingga kebutuhan bahan baku dari gula merah dapat dimaksimalkan.

“Sekarang bahan gula merah sudah susah didapat, kalau pun ada pohonnya sudah mulai tua, saatnya petani beralih dengan sistem yang lain,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengkajian terhadap tanaman ini. Ia mencontohkan di daerah Grogot misalnya, mereka memiliki kiat dan harapan untuk menanam bibit jenis genjah.

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari pasar, atau kebutuhan akan gula merah apakah ada pengembangan dari hasil nira selain gula merah," ungkapnya.

Mukni mengaku sangat tertarik untuk melakukan perkebunan di wilayahnya untuk mengembangkan pertanian dan sebagai pemasok bahan maupun olahan dari nira jenis genjah.

“Dari hasil pantauan kami gula merah yang terbuat dari aren di pasaran kini agak susah didapatkan. Harapan saya agar lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal petani harus merubah pola tanam bibit aren unggul,” pungkasnya.

Penulis: Mawardi

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB