Trending

BPBD Balangan Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba

SOSIALISASI: Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan Jumaidil Hairi, saat menyampaikan materi jenis bencana dan cara penanggulangannya kepada anggota pramuka Saka Anti Narkoba Balangan - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan menggelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba, Sabtu (29/6/2024) di halaman kantor BNN Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Dalam kegiatan ini, BNN Kabupaten Balangan menggandeng BPBD Balangan sebagai pemateri yang memberikan wawasan dan pengetahuan ilmu tentang kebencanaan. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan Jumaidil Hairi mengatakan, peserta anggota pramuka Saka Anti Narkoba binaan dari BNN Kabupaten Balangan ini terdiri dari dua Regu Tingkat Penegak dari beberapa siswa SLTA yang berada di Kabupaten Balangan. 

"Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang mengenal jenis bencana yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Balangan dan cara pencegahannya. Seperti materi pencegahan terjadinya kebakaran di pemukiman, kemudian tim dari Bidang satu BPBD juga melakukan simulasi cara pemadaman terjadinya kebakaran di pemukiman khususnya di dapur sebelum api itu menjadi lebih membesar," jelasnya. 


Lebih lanjut disampaikannya, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. 

Ia juga berpesan dan memberi arahan kepada peserta untuk tetap meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya di sekolah namun juga kepada masyarakat sekitar. 

“Diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan praktis, khsusunya bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba dalam menghadapi ancaman bencana," tuturnya. 

Ia menyampaikan, bahwa peran Pramuka dalam meningkatan ketahanan bencana di tingkat lokal sangatlah penting. 

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota Pramuka Saka Anti Narkoba akan menjadi agen perubahan positif dalam penanggulangan bencana di komunitas mereka masing-masing," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB