Trending

Bupati Kotabaru Tinjau Jalan Rusak di Kawasan Gunung Sari

SIDAK: Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, saat melakukan peninjauan salah satu titik jalan yang rusak di kawasan Gunung Sari - Foto Dok Mawardi


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, melakukan pemantauan langsung ke beberapa titik jalan Gunung Sari yang rusak akibat hujan deras, Kamis (6/6/24).

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kotabaru sejak senin 3 Juni lalu menyebabkan tanah di Desa Gunung Sari Kecamatan Pulau Laut Utara bergeser dan mengakibatkan jalan menjadi amblas.

Dalam kondisi hujan rintik, Bupati Sayed jafar meninjau langsung mengenai jalan yang rusak itu bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru, Dr Ir Suprapti Tri Astuti.

Kadis PUPR Kotabaru, Tuti mengatakan, tingginya curah hujan mengakibatkan drainase pinggir jalan tidak bisa menampung air.

"Drainase tak kuat menampung air dan terjadi limpasan air ke jalan serta merembes masuk ke bawah badan jalan," ungkapnya. 


Selain itu, menurut Tuti, kondisi tanah yang rentan terhadap air mengakibatkan badan jalan mengalami penurunan sepanjang 49 meter yang mengakibatkan aspal jalan mengalami keretakan yang cukup parah.

Tuti mengungkapkan, pihaknya telah menurunkan dua alat berat yaitu, Exca dan Exca Spyder untuk melakukan pengupasan aspal yang rusak dan penggalian agregat di bawah aspal.

"Sedangkan Exca Spyder diturunkan untuk melakukan pekerjaan penggalian drainase untuk selanjutnya akan dilakukan pemasangan Uditch di galian drainase tersebut," ujarnya. 

Untuk penanganan jangka pendek, Dinas PUPR melakukan penimbunan sementara untuk bisa dilewati masyarakat sekitar.

"Penanganan sementara akan dilakukan penimbunan kembali dengan agregat badan jalan yang mengalami penurunan tersebut sehingga masyarakat dapat melewati," tuturnya.

Penulis: Mawardi

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB