Trending

Antisipasi Perubahan Iklim, Distan Banjar Ajak Petani Pemangkih Tengah Bersihkan Saluran Air

KOMPAK: Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Distan Banjar, Imelda Rosanty, bersama Kelompok Tani Bina Desa Jaya, melakukan foto bersama usai membersihkan saluran air di Desa Pemangkih Tengah - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar berkomitmen untuk mengatasi dampak perubahan iklim yang terjadi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membersihkan saluran air di Desa Pemangkih Tengah, Tatah Pandan RT 7, Jumat (7/6/2024) di Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala BPTPH Provinsi Kalsel, Lestari Fatria Wahyuni mengatakan, kegiatan pembersihan saluran air ini sangat penting untuk mencegah banjir dan memastikan aliran air berjalan lancar. Dengan memelihara infrastruktur irigasi, produktivitas pertanian di daerah ini dapat ditingkatkan.

"Pembersihan saluran air di persawahan merupakan langkah penting dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan menjaga saluran air tetap bersih dan lancar, maka proses irigasi menjadi lebih efisien, mencegah genangan air yang berlebihan, serta mengurangi risiko banjir," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Distan Banjar, Imelda Rosanty menambahkan, kami mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan penanganan dampak perubahan iklim ini. 

"Bersama-sama, kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Kegiatan dihadiri juga Kepala Seksi dan staf Distan Banjar, Koordinator dan PPL Tatah Makmur dan Kelompok Tani Bina Desa Jaya. (Brigade Distan Syaripuddin). 

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB