Trending

Jelang Lebaran Idulfitri 1445 H, BNN Banjarbaru Lakukan Tes Urine Kepada Puluhan Sopir Bus

PAPARAN: Pegawai BNN Kota Banjarbaru saat menyampaikan hasil tes urine sopir bus - Foto Dok Humas BNN Kota Banjarbaru


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru kembali melakukan kegiatan P4GN bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Kesbangpol melalui tes urine yang dilakukan pada, Jumat (5/4/2024) pagi, di UPT KIR Dishub Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan deteksi narkotika dini tersebut, ditujukan kepada sopir bus angkutan mudik lebaran pemerintah Kota Banjarbaru dan sopir bus Organda dengan jumlah keseluruhan sebanyak 20 orang.

Kepala BNN Kota Banjarbaru, Arif Wahyu Bibitharta SH MH MM mengatakan, kegiatan tes urine ini sebagai upaya preventif terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya di Kota Idaman.

"Kita bersama ingin memastikan bahwa mereka (sopir bus) tidak memakai narkoba sehingga dalam pelaksanaan tugasnya tetap terkontrol dan disiplin berlalu lintas," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, selain bertujuan menciptakan masyarakat yang bebas dari narkoba. Kegiatan kolaboratif bersama Dishub dan Badan Kesbangpol Banjarbaru juga bagian dari arahan BNN RI.

ARAHAN: Kepala BNN Kota Banjarbaru, Arif Wahyu Bibitharta SH MH MM, menyampaikan tujuan dilaksanakannya tes urine - Foto Dok Humas BNN Banjarbaru

 

"Kegiatan tes urine kepada para sopir seperti ini akan terus kita laksanakan untuk menghindari peredaran gelap narkoba, serta kecelakaan dalam berkendara," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Sarana Prasana Transportasi Dishub Kota Banjarbaru, Eddy Sabara menyatakan, dukungan penuh terhadap program P4GN yang rutin dilakukan oleh BNN melalui tes urine kepada sejumlah sopir bus pada hari ini.

"Alhamdulillah dari semua yang ikut tidak ada yang positif atau reaktif," ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengucapkan rasa syukur karena para sopir berada dalam keadaan siap untuk melaksanakan salah satu program pemerintah Kota Banjarbaru yakni Mudik Gratis 2024.

Senada, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Banjarbaru, Nor Aida Puspasari, memberikan apresiasi kepada BNN Kota Banjarbaru atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi P4GN bagi sopir bus.

"Ini hal yang sangat posif dalam mengedukasi masyarakat, sekaligus untuk menjaga keselamatan penumpang bagi pemudik lebaran agar para sopir tidak menggunakan narkoba dengan cara tes urine," tukasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB