Trending

Dukung Peningkatan Profesionalitas ASN, BKPSDM Balangan Gelar Bimtek Aplikasi SITiNA

BIMTEK: Pemerintah Kabupaten Balangan melalui milik BKPSDM menggelar pelatihan Aplikasi SITiNA - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Tinggi rendahnya nilai kompetensi ASN sangat berpengaruh pada profesionalitas kerjanya. Salah satu penyebab hal itu karena pemenuhan hak dan kesempatan untuk mengikuti pengembangan kompetensi paling sedikit 20 JP dalam satu tahun yang belum dapat terpenuhi karena proses penyusunan analisis kebutuhan diklat yang belum tidak efektif dan efisien.  

Adapun untuk memperoleh hasil analisis kebutuhan diklat yang efektif dan efisien, diperlukan instrument yang tepat sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kompetensi ASN dilingkungan Pemerintah Kab. Balangan. 

JF Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Kholik Mawardi SSi MM mengatakan, bahwa penggunaan teknologi informasi sangat membantu dalam penyusunan analisis kebutuhan diklat sehingga dibuat dan dibangun aplikasi SITiNA (Sistem Informasi Training Need Analysis/Analisis Kebutuhan Diklat) sehingga proses analisis data kesenjangan kompetensi dapat dilakukan lebih cepat dan mudah untuk menghasilkan analisis kebutuhan diklat. 

“Melalui Aplikasi SITiNA proses analisis data kesenjangan kompetensi dapat dilakukan lebih cepat dan mudah untuk menghasilkan analisis kebutuhan diklat," ujarnya, Sabtu (20/4/2024)


Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Balangan, H Sufriannor SSos MAP, mengharapkan dengan adanya aplikasi SITiNA ini dapat meningkatkan nilai indeks profesionalitas ASN Pemerintah Kabupaten Balangan. 

“Adanya aplikasi SITiNA ini diharapkan dapat mendukung peningkatan indeks profesionalitas ASN Pemerintah Kab. Balangan yang dulunya masih dengan kategori Rendah, menjadi Sedang atau bahkan Tinggi," ungkapnya.

Untuk diketahui, manfaat yang diperoleh dengan penggunakan SITiNA adalah proses analisis data kesenjangan kompetensi untuk memperolah hasil analisis kebutuhan diklat menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan, sehingga hasil analisis kebutuhan diklat dapat tersebut dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kompetensi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan. 

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB