Trending

DKUMPP Banjar Gelar Pasar Ramadan di Desa Cindai Alus dan Pandak Daun

RAMAI: Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tyas saat melayani masyarakat pada kegiatan Pasar Ramadan - Foto Dok rsb.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, bersama TP PKK Kabupaten Banjar menggelar Pasar Murah Ramadan 2024.

Kepala DKUMPP Banjar, Kencana Wati mengatakan, Pasar Murah Ramadan akan diakan di seluruh Kecamatan Kabupaten Banjar.

"Dilaksanakan di 20 Kecamatan, masing-masing kita sediakan 200 paket terdiri dari gula dan minyak goreng dengan harga 19 ribu perpaket," ungkapnya, Rabu (13/3/2024) pagi.


Dirinya menjelaskan, dalam kegiatan kali ini turut melibatkan dinas lain untuk menyediakan bahan pokok sesuai dengan tugas dan fungsinya seperti telur, beras dan lain-lain untuk mencukupi kebutuhan warga.

"Harga bahan pokok yang dijual di pasar murah ini rata-rata di bawah harga normal karena ada subsidi dari pemerintah daerah bahkan ada yang mencapai lima puluh persen dari harga normal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Nurgita Tyas mengungkapkan, Pasar Murah Ramadan digelar dalam rangka pengadaan bahan pokok yang mendapat subsidi dari pemerintah, menyesuaikan kebutuhan masyarakat saat memasuki bulan Ramadan.

"Akibat kenaikan harga bahan pokok, warga antusias luar biasa mendatangi pasar murah Ramadan karena mendapatkan harga yang murah dari bahan pokok antara lain beras, gula, telur dan minyak goreng," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya membeberkan, secara global terjadi inflasi di seluruh dunia sehingga mengakibatkan krisis pangan dan kenaikan harga bahan pokok karena pengaruh perang, pupuk yang langka dan pengaruh cuaca.

Di sisi lain, Rusmini warga setempat, mengaku sangat terbantu adanya pasar murah Ramadan tersebut.

 "Terima kasih pemerintah daerah, semoga tahun-tahun mendatang akan tetap digelar dan makin bertambah persediaan bahan pokok dan komoditi lainnya," tukasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pasar Murah Ramadan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar pada tahun ini dimulai dari dua Kecamatan, yakni Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura dan Desa Pandak Daun Kecamatan Karang Intan.

Sumber: rsb.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB