Trending

Pemkab Balangan Bangun Sejumlah Fasilitas Penunjang Objek Wisata

PARIWISATA: penampakan alah satu objek wisata di Kabupaten Balangan - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten Balangan berkomitmen untuk terus mengembangkan pariwisata daerah melalui pembangunan pendukungnya.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Taufiqurrahman mengungkapkan, pada tahun ini sejumlah proyek pembangunan fasilitas penunjang pariwisata dibangun oleh Pemkab Balangan melalui anggaran pada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata.

"Antara lain, rest area sedang dibangun di Wisata Taman Bunga Mekar Sari, dan Sawang. Juga tempat parkir di Wisata Racah Mampulang. Mushalla juga sedang dibangun di wisata Maranting dan Mamigang. Homestay Desa Gunung Batu dibangun untuk wisatawan yang bermalam di Wisata Maranting," ujarnya, Jumat (5/7/2024). 


Menurutnya, kegiatan pengembangan destinasi wisata antara lain dilaksanakan pembuatan spot foto di Goa Gunung Batu dan Sungai Maranting. Pembangunan Gazebo tersebar beberapa tempat, yaitu di Wisata Maranting, Taman Bunga Mekar Sari, Goa Gunung Batu, Batu Ajung, Racah Mampulang, Kandang Jaya dan Mamigang.

"Kemudian menara air dan perlengkapannya dibangun di Desa Ajung dan Desa Gunung Batu. Juga dibangun fasilitas MCK di wisata Taman Bunga Mekar Sari, Batu Ajung, Sawang, Racah Mampulang dan Camp Ground Liyu," ungkapnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kawasan Desa Wisata Liyu, dilaksanakan pembangunan Gerbang Desa Wisata Liyu dan sekretariat pokdarwis Desa Liyu. Juga dibangun teras Glamping di Bahan Desa Liyu. Untuk mempermudah akses ke obyek wisata Air Terjun Batarius dilaksanakan pembangunan Jalan Ruuk-Sawang pada tahun 2023 sepanjang 2,5 km.

"Pembangunan jalan ini dilanjutkan lagi pada tahun 2024 dengan anggaran pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa," pungkasnya. 

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB