Trending

Diklat Kualifikasi Pemadam I 2024, Paman Birin: Membentuk Mental Tangguh dan Sigap Menanggulangi Bencana

KOMPAK: Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten Administrasi Umum Ahmad Bagiawan, melakukan sesi foto bersama usai membuka In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 - Foto Dok Biro Administrasi Pimpinan


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten Administrasi Umum Ahmad Bagiawan, membuka secara resmi In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan tahun 2024, Senin (8/7/2024) di Aula Lantai 3 BBPPKS Regional IV Kalimantan Banjarbaru.

Acara yang dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar tersebut merupakan kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya dan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri RI.

Paman Birin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Ahmad Bagiawan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, menurutnya, In House Training adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemadam dalam membentuk mental yang tangguh, handal dan sigap dalam menanggulangi kebakaran.

“Seorang aparatur pemadam, perlu mendapat pembekalan, keilmuan dan keahlian secara bertahap. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya risiko ketika melaksanakan tugas di lapangan,” ujarnya.


Terlebih dalam menjaga pelestarian lingkungan hidup di wilayah Kalsel, terus menjadi perhatian serius Paman Birin dimana Kalsel dikelilingi lahan gambut yang begitu rentan terhadap bencana karhutla ketika memasuki musim kemarau panjang.

“Untuk itu, guna memperkuat ketahanan bencana, yang harus kita persiapkan adalah SDM yang memiliki bekal yang cukup untuk menanggulangi bencana,” tambahnya. 

Paman Birin mengapresiasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta maupun bagi masyarakat Kalsel.

Atas perhatian yang begitu besar Paman Birin terhadap kesiapan dalam menanggulangi bencana karhutla di Kalsel, Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional Dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri, Danang Insita Putra ST M Si menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya atas kerja kerasnya pemprov Kalsel selama ini dalam menekan bencana karhutla.

“Terima kasih saya sampaikan kepada pemprov Kalsel dalam hal ini Pak Gubernur Paman Birin yang telah menginisiasi acara diklat angkatan ke-5 ini yang sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Dan ini menjadi apresiasi setinggi-tingginya bagi kami Kementerian Dalam Negari bagaimana Provinsi Kalimantan Selatan benar-benar menunjukkan perannya sebagai tangan pemerintah pusat yang ada di daerah dalam menangani setiap kali ada bencana kebakaran,” ujarnya.

Disisi lain, Danang juga terus untuk berkoordinasi terkait jumlah aparatur pemadam yang ada di setiap daerah agar nantinya bisa diusulkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu, dirinya berharap, setiap daerah agar benar-benar mendata untuk kemudian diusulkan sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.

Untuk diketahui, In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 sendiri akan berlangsung dari tanggal 7-13 Juli 2024 yang diikuti sebanyak 118 peserta yang terdiri dari 100 laki-laki dan 18 perempuan se Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran Kalsel Maulana Fatahillah dalam laporannya mengatakan, acara in house training tersebut merupakan implementasi dari visi dan misi Gubernur Kalsel Paman Birin untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya para pemadam kebakaran yang ada di Kalimantan Selatan.

“Acara ini juga untuk memenuhi aparatur pemadam kebakaran di Kalsel agar lebih profesional dalam pelaksanaan tugas di daerah masing-masing. Terlebih instruktur acara ini datang langsung dari Surabaya, semoga para peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB