Trending

Dinkes Banjar Lepas Kontingen Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel

POSE: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, drg Yasna Khairina, melakukan foto bersama dengan sejumlah kader posyandu yang akan mengikuti Jambore Kader Posyandu se-Kalsel - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), drg Yasna Khairina, melepas Kontingen Kader Posyandu Kabupaten Banjar dalam rangka mengikuti jambore dan refresing kader tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2024 pada, Selasa (4/6/2024) lalu, di halaman Kantor Dinkes Banjar, Provinsi Kalsel. 

Usai proses pelepasan, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan kader dengan kategori masing-masing lomba yang akan diikuti dan penampilan yel-yel oleh kader.

Yasna Khairina menyampaikan, rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada para kader yang akan mengikuti Jambore ini.

Ia juga mengingatkan, bahwa Kegiatan jambore dan refresing kader ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan atas dedikasi serta pengabdian para kader terhadap kegiatan posyandu balita. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah kembali kemampuan dan kecakapan serta pembaharuan pengetahuan kader tentang pelayanan di posyandu. 

“Kepada tim kontingen bahwa perjuangan, latihan dan pembinaan yang telah dilaksanakan maksimal tidak akan sia-sia, tetap humble, semangat dan jaga marwah kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis,” ujarnya.


Sementara itu, Kabid Kesmas, dr Widya Wiri Utami menambahkan, semua pihak harus menyadari bahwa kader posyandu adalah ujung tombak semua kegiatan pelayanan yang dilaksanakan di posyandu.

"Kader adalah kepanjangan tangan dari petugas, kader juga adalah penghubung antara petugas kesehatan dan masyarakat. Serta yang terpenting adalah bahwa kader merupakan garda terdepan dalam upaya kita untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan memandirikan masyarakat dalam status kesehatannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Widya turut memberika apresiasi setinggi-tingginya harus kepada kader-kader posyandu.

Untuk diketahui, pada kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat provinsi Kalsel pada tahun 2024 ini. Kontingen Kabupaten Banjar berasal dari kader kader posyandu di tiga kecamatan dengan total jumlah kader sebayak 14 orang.

Mereka telah memenangkan jambore kader posyandu tingkat Kabupaten Banjar, dan berasal dari kecamatan Martapura, Kecamatan Astambul serta Kecamatan Sungai Tabuk.

Adapun Kategori Lomba yang akan dikuti dengan kompisisi kader adalah sebagai berikut

1. Lomba Cerdas Cermat, diikuti oleh Sumiatin, Siti Hajar Widyowati, dan Sri Astuti

2. Lomba Pengisian Buku KMS/KIA, diikuti oleh Citra Arini Nadia

3. Lomba Penimbangan dan Pengukuran Tumbuh Kembang, diikuti oleh Widia Ningsih dan Amelya

4. Lomba Penyuluhan Kesehatan, diikuti oleh Siti Barlian

5. Lomba Menyusun dan Menyajikan PMT Remaja, diikuti oleh Mawaddah

6. Lomba penampilan kontingen, diikuti oleh Siti Hajar Widyowati, Sri Astuti, Amelya, Mawaddah, Rizkina, Noor Bahagia, Salasiah, Noor Laila, Zainul Mukarromah dan Diana

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB