Trending

Dinsos P3AP2KB Banjar Tingkatkan Keterampilan Perempuan di Kecamatan Gambut

PELATIHAN: Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar, Merilu Ripner, saat membuka kegiatan peningkatan keterampilan perempuan se-Kecamatan Gambut - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Bagi Perempuan, Rabu (5/6/2924) lalu di Aula Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kegiatan Pelatihan Keterampilan tersebut diikuti 20 orang, terdiri dari enam orang dari Desa Sungai Kupang, dan masing-masing orang orang dari Kelurahan Gambut dan Gambut Barat.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar, Merilu Ripner mengatakan kegiatan pelatihan ini terselenggara atas usulan Kecamatan pada Musrenbang Tahun 2023 dan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2024. 

Lebih lanjut Merilu Ripner mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan keterampilan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan keluarga, serta mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga dapat meningkatkan perannya untuk membantu perekonomian keluarga.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Gambut, Ramdani, yang hadir mewakili Camat Gambut menyambut baik kegiatan pelatihan ini dan meminta agar peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

"Perempuan yang memiliki keterampilan dalam mengolah suatu produk kemudian jiwa kewirausahaannya dikembangkan dan bisa melihat pangsa pasar tentu akan sangat membantu perekonomian keluarga," ujarnya.


Ramdani mencontohkan Perempuan di Pematang Panjang sudah berhasil mengembangkan usaha pembuatan tapai menjadi industri rumah tangga yang mampu meningkatkan perekomian keluarga.

Adapun narasumber kegiatan, Siti Mardiah mengungkapkan, kegiatan pelatihan hari ini adalah pelatihan memasak/tata boga yang diharapkan mampu menambah keterampilan para peserta dalam memasak, dan mampu menjadi salah satu faktor peningkatan ekonomi perempuan dan keluarga di Kecamatan Gambut. 

"Ada lima jenis latihan memasak yaitu, roti gulung, keripik pisang, kacang kribo, akar pinang dan nugget tahu," jelasnya.

Salah satu peserta, Rufikah dari Pemajatan Kelurahan Gambut, mengaku sangat senang dengan menjadi peserta dan berharap ada terus kegiatan semacam ini.

Menurutnya sangat terbantu sekali perekonomian keluarga dan dia merencanakan membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Rufikah berharap, kedepan akan ada latihan pengemasan yang lebih bagus dan pemasaran produk.

Turut hadir pada pelatihan tersebut Kasi Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Dinsos P3AP2KB, Nita Yulina, dan Kasi Kesos Kelurahan Gambut, Ria Rahnisa.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB