Trending

Masih di Awal Tahun, Investasi di Banjarbaru Capai Target 75,78 Persen!

PENYERAHAN PENGHARGAAN: Malam puncak harjad ke-25 Kota Banjarbaru - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Derasnya investasi di Kota Banjarbaru era kepemimpinan Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin terus mengalir dari tahun ke tahun. Hal itu kembali dibuktikan dengan catatan nilai realisasi investasi Triwulan I Kota Banjarbaru telah mencapai Rp 204 miliar di tahun 2024.

Faktanya, nilai investasi tersebut bahkan telah menyentuh 75,78 persen dari target sepanjang tahun ini. Menandakan bahwa Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mengalami peningkatan dengan berbagai potensi dan kemajuannya selama beberapa tahun terakhir.

“Alhamdulillah, baru awal tahun investasi Kota Banjarbaru sudah mencapai 75,78 persen dari target tahun ini. Artinya investor semakin banyak yang berdatangan ke Kota Banjarbaru,” ucap Aditya saat dikonfirmasi, Selasa (7/5/2024).


Realisasi investasi Kota Banjarbaru tersebut berasal dari PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMD (Penanaman Modal Dalam Negeri). Untuk capaian modal asing menjadi penyumbang terbesar untuk investasi Kota Banjarbaru dengan realisasi 138,8 miliar dan modal dalam negeri sebesar Rp 65,8 miliar.

Merujuk pada penanaman modal asing, tercatat ada 29 proyek yang telah dilirik para investor. Peringkat paling banyak dengan total 10 proyek ialah jasa lainnya, yang disusul transportasi gudang dan telekomunikasi sebanyak 5 proyek serta perdagangan dan reparasi sebanyak 4 proyek.

Sedangkan untuk proyek dari penanaman modal dalam negeri yang dilirik investor jumlah nya mencapai 262 proyek pada Triwulan 1 ini. Proyek terbanyak yakni perdagangan dan reparasi dengan total 115 proyek, jasa lainnya 43 proyek dan konstruksi sebanyak 24 proyek.

Lebih lanjut, Aditya menaruh harapan dengan banyaknya investor yang berdatangan menjadi langkah besar untuk Kota Banjarbaru untuk menatap perubahan dan kemajuan di waktu yang akan datang. Seiring pula dengan, ia juga mengingatkan Pemko Banjarbaru harus mengimbangi pelayanan yang memberikan akses kemudahan bagi para investor.

“Ini merupakan permulaan baik bagi kemajuan Kota Banjarbaru dan semakin layak berperan sebagai daerah penyanggah utama IKN nantinya. Tinggal bagaimana kita menata dan merancangnya. Insyaallah, Pemko Banjarbaru siap memenuhi kebutuhan dan memberikan akses kemudahan untuk para investor,” tutupnya.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB