Trending

Dishub Banjarbaru Uji Sembilan Trayek Untuk Angkutan Perkotaan dan Pengumpan

ARMADA: Penampakan bus yang digunakan untuk angkutan perkotaan - Foto Dok Oriz


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru melaksanakan uji Coba Rute Angkutan Perkotaan Dan Angkutan Pengumpan (Feeder) mulai tanggal 6 Mei hingga 20 Mei 2024.

Hal tersebut, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi layanan angkutan kota di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) agar mempermudah aksesibilitas masyarakat untuk menuju pusat-pusat keramaian, kawasan perumahan, dan kawasan insdutri. 

Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Muhammad Mirhansyah mengatakan, telah menurunkan enam unit armada yang terdiri dari bus hingga mini bus dalam proses uji cobanya.

“Dari hasil uji coba yang berlangsung akan dievaluasi apakah memang trayek-trayek ini perlu diubah, disesuaikan atau dipecah kembali. Standar mobilnya pun akan disesuaikan dengan beban jalan besar dan kecil, nanti setiap uji coba ini beban operasional perkilometernya akan diperhitungkan” ujarnya, Selasa (7/5/2024) kemarin. 


Mirhan melanjutkan, pihaknya memohon dukungan kepada masyarakat terhadap program yang saat ini sudah memasuki tahapan uji coba.

"Karena kita sudah menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan sudah selayaknya punya angkutan umun seperti kota-kota besar lainnya," ungkapnya.

“Kami mohon dukungan kepada masyarakat, untuk uji coba saat ini silahkan bagi masyarakat yang ingin mencoba sesuai dengan rute yang ingin dituju untuk itu kami persilahkan,” sambungnya.

Adapun rute angkutan perkotaan dan angkutan pengumpan (Feeder) yang tengah diuji coba meliputi sembilan trayek strategis di Banjarbaru. Yakni Rute Koridor A dari Terminal Simpang Empat Banjarbaru, Jalan Panglima Batur, Jalan Karang Anyar, Bandara Syamsudin Noor, Lingkar Utara, Masjid Jami Hidayatul Akbar, dan Rute Koridor B dari Terminal Simpang Empat Banjarbaru, Jalan Trikora, kawasan LIK, Liang Anggang, Halte Kota Citra Graha.

Kemudian Rute Koridor C dari Terminal Simpang Empat Banjarbaru, Jalan H. Mistar Cokrokusumo, Jalan SMPN 12 Banjarbaru (Kel. Bangkal). Rute Koridor D dari Terminal Simpang 4 Banjarbaru, Pool Armada (UPT PPKB), Jalan Palam Raya, Amanah Borneo Park, Jalan Taruna (Simpang Empat Bangkal).

Selanjutnya, untuk Rute Angkutan Pengumpan (Feeder) yang pertama dari Terminal Simpang Empat, Jalan PM. Noor (Yonif 623), Terminal Simpang Empat. Kedua, dari Halte Idaman, UNISKA, Kampung Pelangi, Intan Sari, ULM (Masjid AL Baitar), Jalan Ahmad Yani, Halte Idaman.

Ketiga, dari Halte Limousin, SMKN 1 Banjarbaru, Jalan RO Ulin (Kampung Pejabat), Pasar Bauntung, Halte Limousin. Keempat, dari Halte Masjid Al-Muhtadien, Jalan Golf, TPB Wella, Jalan Kurnia, Halte Masjid Al-Muhtadien, dan yang kelima dari Halte Minggu Raya, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Pangeran Suriansyah, Jalan Panglima Batur, Jalan Junjung Buih, Jalan A. Yani, Halte Minggu Raya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB