Trending

Ketua komisi III DPRD Balangan Pimpin Rapat Kerja Peningkatan Pelayanan Air Minum

RAPAT KERJA: Ketua Komisi III DPRD Balangan, Hafiz Anshari, saat melakukan rapat perihal Raperda penyertaan modal pemerintah pada Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan, melalui Ketua Komisi III Hafiz Anshari, memimpin rapat kerja terkait Raperda Penyertaan Modal Pemerintah Terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Senin (27/5/2024) di ruang alat kelengkapan DPRD Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Sebelumnya, DPRD Balangan telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada Propemperda tahun 2024 yang membahas penyertaan modal pemerintah kepada PDAM.

Raperda yang dibuat untuk memperkuat keuangan PDAM guna meningkatkan layanan air minum bagi masyarakat Balangan ini, juga dirancang sebagai langkah strategis dalam mendukung keberlanjutan PDAM, dengan menyediakan modal yang diperlukan untuk pengembangan, pemeliharaan, dan peningkatan infrastruktur air minum.

“Penyertaan modal ini diharapkan akan memberikan dorongan signifikan bagi PDAM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses air bersih yang berkualitas,” ujar Hafiz Anshari. 


Hafiz mengatakan, tujuannya ada Raperda ini adalah menciptakan regulasi yang seimbang dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan sektor air minum di daerah.

"Melalui langkah ini pemerintah daerah Balangan menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan sektor pelayanan air minum," ungkapnya. 

Menurut Hafiz, penyertaan modal yang diatur dalam Raperda diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi PDAM dan masyarakat, menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan berkualitas. 

"Diharapkan dengan adanya rapat kerja ini PDAM Balangan bisa menambah kinerjanya khusus pelayanan air minum di masyarakat," katanya. 

"Hal ini merupakan tanggapan penting dari pemerintah dengan adanya keluhan masyarakat terkait kurang lancarnya penyaluran air minum di daerah masing-masing," tutupnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB