Trending

Desa Galumbang dan Baruh Panyambaran Dapatkan Predikat Desa Tangguh Bencana

PEMAPARAN: Kegiatan Sosialisasi FGD dan Simulasi Pembentukan Destana di Kabupaten Balangan Tahun 2024 - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Sebanyak dua Desa di Kabupaten Balangan, yaitu Desa Galumbang Kecamatan Juai dan Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong, menjadi percontohan dalam pembentukan dan pelaksanaan program Desa Tangguh Bencana (Destana). 

Hal tersebut, disampaikan oleh dalam kegiatan Sosialisasi FGD dan Simulasi Pembentukan Destana di Kabupaten Balangan Tahun 2024 yang digelar oleh BPBD Balangan, dari hari Senin, 20 Mei sampai dengan Selasa, 21 Mei 2024. 

Kegiatan pembentukan Destana ini dihadiri oleh narasumber dan pemateri dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Raden Suria Fadliansyah dan Kassubid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel, Ariansyah. 

Adapun peserta kegiatan diikuti oleh Aparat Desa Galumbang Kecamatan Juai, Aparat Desa Baruh Penyambaran Kecamatan Halong, BPD Desa Galumbang, BPD Desa Baruh Penyambaran, TP PKK Desa Galumbang, TP PKK Desa Baruh Penyambaran, Tokoh Masyarakat Desa Galumbang, Tokoh Masyarakat Desa Baruh Penyambaran, Linmas Desa Galumbang, dan Linmas Desa Baruh Penyambaran 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jumaidil Hairi mengungkapkan, Desa Galumbang dan Desa Baruh Penyambaran resmi menjadi Desa Percontohan dalam Pembentukan dan pelaksanaan Program Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Balangan. 

"Pembinaan Desa Tangguh Bencana secara berkelanjutan akan dilakukan oleh BPBD Balangan kepada Desa Galumbang dan Desa Baruh Penyambaran," ujarnya. 


Adapun kelengkapan administrasi yang diperlukan Desa sebagai legalitas terbentuknya Desa Tangguh Bencana akan difasilitasi pembuatannya oleh BPBD Balangan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Raden Suria Fadliansyah, melalui Kassubid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel, Ariansyah menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi setiap tahunnya terhadap perkembangan dan pembinaan Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Balangan. 

"BPBD Provinsi Kalsel akan membantu dalam pelatihan dan peningkatan kapasitas Tim Siaga Bencana (TSB) Desa Tangguh Bencana," pungkasnya. 

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB