Trending

Legislator Balangan Apresiasi Inovasi “OJEK IBU PERGI”

LEGISLATOR: Wakil Ketua DPRD Balangan dari Dapil 2, Hanil Tamjid - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Inovasi OJEK IBU PERGI (Ojek Ibu Hamil Pemeriksaan LAB dan USG) yang diluncurkan Puskesmas Juai mendapat apresiasi dari wakil rakyat (Legislator) DPRD Balangan dari Dapil 2 yang meliputi kecamatan Juai dan Halong, Hanil Tamjid.

Inovasi OJEK IBU PERGI adalah kegiatan jemput antar yang dilakukan petugas puskesmas bagi ibu hamil atau memeliki anak balita yang tidak memiliki alat transportasi. 

Menurutnya, yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Balangan, inovasi OJEK IBU PERGI sangat membantu mengantisipasi kematian ibu hamil ataupun bayi. 

Seperti saat ibu hamil mendapatkan keluhan atas kehamilannya dan mau melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit namun terkendala transportasi, maka OJEK IBU PERGI bisa membantu. 

“Jadi melalui inovasi tersebut para ibu hamil bisa terbantu untuk pergi ke Puskesmas,” ujarnya, Sabtu (13/4/2024).


Lebih lanjut, dirinya sangat mengapresiasi inovasi seperti itu, dan berharap semoga bisa menjadi contoh bagi puskesmas lainnya dalam melakukan inovasi pelayanan.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Juai, dr Ismawati mengungkapkan, inovasi OJEK IBU PERGI ini merupakan salah satu strategi yang bertujuan agar para ibu hamil mendapatkan haknya untuk melakukan pemeriksaan laboraturium dan pemeriksaan USG di saat kehamilan walaupun tidak ada pihak keluarga yang bisa mengantar. 

Adapun cara kerja atau operasionalisasi inovasi ini yaitu melakukan pendataan ibu hamil, lalu pemeriksaan awal ibu hamil, melengkapi buku KIA, mendapatkan umur kehamilan, membuat dan menghitung jadwal pemeriksan laboraturium dan pemeriksaan USG di Trimester 1, 2, dan 3, serta membuat janji hari yang ditentukan untuk pergi ke Puskesmas dan juga ke Rumah Sakit.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB