Trending

Gelar Event Eksebisi Paralayang dan Gantole 2024, Sayed Jafar: Ajang Promosi Wisata Kotabaru

PEMBUKAAN: Pelepasan sejumlah balon tanda dimulainya Event Eksebisi Paralayang dan Gantole 2024 di Kabupaten Kotabaru - Foto Dok Mawardi


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru semakin gencar mempromosikan wisata di Kabupaten yang berjuluk Bumi Saijaan ini.

Hal tersebut, dapat dilihat melalui gelaran Event Eksibisi Paralayang dan Gantole Tahun 2024, yang dilaksanakan oleh Pemkab Kotabaru di Mamake SJA Hill - Bapake, Desa Sarang Tiung.

Event yang digelar selam 6 hari sejak tanggal 11 hingga 17 April 2024 mendatang itu diikuti atlet dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Lombok, Yogyakarta. Bogor hingga Jakarta.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, saat menyaksikan Event tersebut menyebut kegiatan Paralayang dan Gantole itu merupakan upaya Pemkab Kotabaru dalam mengenalkan keindahan alam Kotabaru.

Dirinya mengatakan, Kabupaten Kotabaru dianugerahi kekayaan dan keindahan alam yang menakjubkan seperti pantai, bukit yang asri dan indah. Sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai olahraga Dirgantara seperti paralayang dan gantole.

"Pemerintah sangat mengharapkan olahraga dirgantara dapat berjalan terus di Kabulaten Kotabaru, dan akan terus mendukung semua kegiatan olahraga lainnya baik ditingkat nasional maupun internasional," tuturnya, Sabtu (13/04/24).


Menurutnya, event semacam itu akan mempromosikan olahraga kedirgantaraan khususnya di wilayah semakin dikenal masyarakat luas serta dapat memberikan efek positif khususnya bagi perkembangan olahraga di Kotabaru.

"Akhirnya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kotabaru," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan menjelaskan, bahwa Event eksibisi paralayang dan gantole 2024 ini merupakan salah satu program kerja Bupati Kotabaru dalam memajukan perkembangan olahraga.

"Kegiatan ini merupakan salah satu event untuk menggalakkan promosi pariwisata dan menggabungkan olahraga rekreasi dan olahraga kompetensi di Kotabaru," ujarnya.

"Kita berharap Kabupaten Kotabaru dapat menjadi tuan rumah dalam kejuaran internasional," tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Paralang Indonesia, Asgaf Umar, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan merasa sangat takjub dengan keindahan alam Kabupaten Kotabaru.

Dirinya mengaku sudah mencoba terbang dan belum pernah menemukan tempat landing yang seluas di Kotabaru. 

"Ini bukti nyata kepedulian Pemerintah terhadap pengembangan olahraga ini sangat baik, saya berpesan agar anak-anak yang sedang pendidikan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, karena potensinya sangat besar," ucapnya.

Dirinya juga berencana akan mengusulkan Kabupaten Kotabaru untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kejuaraan dunia paralayang.

"Karena pelaksanaanya dua tahun sekali maka nanti saya akan mendiskusikan dengan kepala Dinas terkait, saya sangat bangga dan mensuport kegiatan paralayang di Kabupaten Kotabaru," bebernya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, selama ini belum pernah belum pernah menemukan fasilitas dengan paket lengkap selain di Kabupaten Kotabaru.

"Ada paralayang, gantole dan pramotor, dan kami akan memberikan penghargaan kepada Bupati Kotabaru sebagai bentuk apresiasi kepada beliau yang ikut serta membangun pengembangan tempat olahraga ini," pungkasnya.

Penulis: Mawardi

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB