Trending

Ciptakan Menu Beragam Untuk Anak, DKP3 Banjarbaru Kembali Gelar Lomba Menu Serba Ikan dan B2SA

NILAI: Salah satu Chef Profesional, Agus Sasirangan, melakukan penilaian kepada salah satu kelompok peserta lomba menu serba ikan dan B2SA - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru menggelar lomba memasak serba ikan dan kreasi cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA), Kamis (25/4/2024) di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kegiatan lomba yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-25 Kota Banjarbaru tersebut, diikuti 25 kelompok peserta dari TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Banjarbaru.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty mengungkapkan, bahwa kegiatan lomba yang diselenggarakan pada hari ini merupakan agenda rutin tahunan instansinya.

"Untuk kategori serba ikam terdapat 20 kelompok peserta yang berasal dari TP PKK Kelurahan, sedangkan B2SA ada 5 kelompok peserta dari PKK Kecamatan," ujarnya.


Dirinya mengatakan, masing-masing juara dari dua kategori itu akan menjadi perwakilan Kota Banjarbaru pada ajang sama di tingkatkan Provinsi.

Dirinya kemudian menjelaskan, tujuan utama diadakannya lomba ini agar para ibu-ibu termotivasi untuk berkreasi dalam membuat menu makanan di rumah.

"Sehingga anak-anak yang tidak suka sayur, ikan, dan buah-buhan bisa menyukai ikan ataupun buah dengan tampilan bentuk hasil kreasi," ungkapnya.

WAWANCARA: Kabid Ketahana Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty, saat menyampaikan tujuan dari pelaksanaan lomba - Foto Dok H Faidur


"Karena selama ini kebanyakan mengkonsumsi makanan siap saji yang pastinya berpengaruh kepada kecerdasan dan keaktifan mereka," tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap dengan mengkonsumsi menu serba ikan dan B2SA. Nantinya, anak-anak bisa menjadi cerdas, aktif, dan produktif ke depannya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, diwakili oleh Asisten II Pemko Banjarbaru, Sri Lailana memberikan apresiasi dengan berbagai menu yang disediakan pada lomba ini.

Dirinya berpesan, agar seluruh peserta lomba dapat berinovasi dan berkreatifitas menciptakan resep dan menu baru dalam memasak berbagai olahan.

"Diharapkan ini mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, melalui komposisi gizi yang seimbang," tuturnya.

Untuk diketahu, lomba memasak serba ikan dan B2SA menghadirikan juri profesional yakni Chef Agus Sasirangan dan Chef Junai yang berasal dari Hotel Banjarmasin Internasional.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB