Trending

Politisi Partai Golkar Ini Sosialisasikan Perda Perumahan dan Kawasan Pemukiman

 

DISKUSI: Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalsel HM Isra Ismail saat mensosialisasikan Perda NO 11 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman di Kabupaten Banjar - Foto Dok dprdkalselprov.id

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Isra Ismail mensosialisasikan Perda NO 11 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman.

“Perda Nomor 11 tahun 2019 ini penting disosialisasikan untuk memberikan edukasi masyarakat,” katanya, Jumat (2/2/2024) lalu di sela kegiatan sosialisasi di Desa Pingaran Ulu, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.


Dirinya juga menjelaskan penyebarluasan regulasi produk legislatif ini bertujuan agar masyarakat bisa memahami mekanisme maupun aturan dalam mendirikan tempat tinggal yang telah diatur, seperti tidak mendirikan di sepanjang bantaran sungai dan dilarang mendirikan rumah di lahan pertanian produktif.

“Adanya aturan itu demi menjaga keamanan dan kemaslahatan bersama,” jelas politisi dari Partai Golkar itu.

Ia menambahkan, jika warga ingin mendirikan sebuah rumah harus mengedepankan nilai-nilai estetika tanpa menghilangkan konsep serapan air diantaranya membangun rumah panggung jika dibawahnya terdapat air mengalir.

“Sedikit saja kita lalai maka jangka waktu yang panjang bisa berdampak buruk seperti banjir,” jelasnya.

Kemudian konsep rumah panggung ini dinilai cukup efektif meminimalisir potensi banjir termasuk memelihara pekarangan atau dibagian bawah hunian kita agar terbebas sampah.

“Ya tanpa kita sadari jika sampah sulit terurai itu menumpuk bisa jadi sarang kembang biak nyamuk dan kualitas air menjadi kotor karena tersumbat dan akhirnya air menggenang,” katanya.

Selain itu ia juga berharap dari sosialisasi ini bisa menambah pengetahuan masyarakat selain harus banyak belajar dan membaca terlebih lewat gadget semua bisa dipelajari demi kemajuan dan peningkatan kualitas skil keahlian yang diinginkan.

Sumber: dprdkalselprov.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB