Trending

Bupati Balangan Lantik Pejabat Tinggi Pratama

PEMERINTAH DAERAH: Bupati Balangan H Abdul Hadi lantik pejabat baru di lingkungan Pemkab Balangan - Foto Dok Mardiana

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL - Bupati Balangan H Abdul Hadi melantik pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan, Rabu (10/1/2024).

Abdul Hadi mengungkapkan tentang regrouping SKPD di masa kepemimpinannya yang bisa mengurangi belanja pegawai, dan membantu upaya dalam fokus anggaran guna penanganan dampak pandemi Covid-19 serta upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Dia menyampaikan rasa syukurnya sudah melewati masa itu, dan bisa dikatakan berhasil. Itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 mencapai 5,24 persen dan sebelum pandemi, yaitu pada 2019, pertumbuhan ekonomi 3,16 persen.

“Artinya, pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2022 sudah melebihi pertumbuhan di tahun-tahun sebelum pandemi,” ujarnya.

Salah satu dampak yang kurang menguntungkan dari regrouping tersebut, terangnya, beberapa bidang menjadi kurang leluasa pergerakannya, sehingga kurang optimal dalam mengembangkan kegiatan-kegiatannya, dan itu berdampak pada kurang optimalnya pencapaian bidang-bidang tersebut, dan bisa juga berdampak terhadap pencapaian bidang-bidang lain yang memiliki keterkaitan signifikan.

“Alhamdulillah, dalam beberapa tahun ini kita berhasil mengupayakan penambahan kekuatan anggaran yang signifikan, sehingga pada hari ini kita dapat mengembangkan kembali beberapa SKPD kita, tentunya, tetap dengan berpegang pada prinsip efisiensi dan menerapkan sistem meritokrasi, agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama, yaitu persentase biaya belanja pegawai yang terlalu tinggi,” jelasnya.

Semua yang ditargetkan dalam RPJMD, lanjutnya, harus diselesaikan tahun ini, untuk itu jika ada beberapa jabatan yang mengalami pergantian personilnya, hal itu tidak lain adalah upaya untuk lebih mempercepat kinerja unit-unit kerja yang bersangkutan, dalam rangka menyelesaikan semua target.

“Kami mintasecepatnya beradaptasi dengan posisi baru. Segera pelajari tugas-tugas sesuai jabatan yang baru, dan jadikan tahun ini sebagai tahun kesuksesan kinerja dalam jabatan. Optimalkan tahun 2024 untuk merealisasikan kegiatan yang ada dalam rencana kerja yang diamanatkan dan penuhi target-target yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Penulis : Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB