Trending

BNNK Balangan Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Warga Desa Murung Jambu

SOSIALISASI: BNNK Balangan sosialisasi bahaya penggunaan narkoba - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL - BNNK Balangan melaksanakan penyuluhan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di Desa Murung Jambu.e

Kepala BNNK Balangan M Faisal Sidiq mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba, serta menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba sedini mungkin.

"Ini upaya pendekatan terhadap masyarakat yang dilakukan BNN dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan setelah penyuluhan diharapkan adanya perubahan pada sikap, tingkah laku, dan pengetahuan masyarakat," ujarnya.

Pihaknya memberikan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba terhadap masyarakat, dan menurutnya generasi milenial merupakan kunci utama dalam memerangi narkoba. 

Diungkapkannya, narkoba adalah zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh, terutama otak atau susunan saraf pusat, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosial oleh karena terjadi kebiasaan, ketagihan, serta ketergantungan.

"Melihat dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba, maka hal yang paling utama untuk dilakukan adalah tindakan preemtif (edukatif) dan preventif (pencegahan)," bebernya.

Tindakan edukatif dilakukan dengan tujuan menghilangkan faktor peluang dan pendorong pengkonsumsian narkoba oleh masyarakat. Misalnya melalui kegiatan pembinaan, penyebaran poster-poster, sosialisasi, sarasehan, dan lain-lain. 

Sedangkan pencegahan dilakukan melalui pengendalian dan pengawasan jalur resmi dan jalur peredaran gelap narkoba. Misalnya melakukan razia di tempat-tempat yang diduga kuat menjadi sarang narkoba, pengawasan di bandara, dan lain-lain. 

"Namun, penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang sudah terjadi juga tetap harus digalakkan," pungkasnya.

Penulis : Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB