Trending

DKISP Banjar Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR

BICARA: Kepala DKISP Banjar H M Aidil Basith saat menyampaikan materi dalam sosialisasi SP4N Lapor - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Monitoring dan Evaluasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun 2024, Selasa (2/7/2024) pagi, di Aula KH Kasyful Anwar Martapura, Kabupaten Banjar. 

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani mengatakan, salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan dilakukan melalui penanganan pengaduan masyarakat yang masuk di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Banyaknya pengaduan hendaknya tidak sebatas dimaknai bahwa “Pelayanan Publik Buruk” tetapi dalam konteks “Open Government”,. Hal ini adalah wujud nyata partisipasi warga dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkontribusi bagi peningkatan tata kelola pemerintahan,” ucapnya. 


Rakhmat Dhani menambahkan, pengaduan masyarakat dijaring secara terpadu, pengelolaan tidak terduplikasi, tepat sasaran pada lembaga yang berwenang menangani, mudah diakses dan dikelola serta penanganannya mudah ditelusuri.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kita berharap rekan-rekan operator LAPOR di lingkungan Pemkab Banjar dapat lebih memahami pengelolaan SP4N LAPOR ini agar dapat merespon cepat aduan yang masuk,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DKISP Banjar H M Aidil Basith saat menyampaikan materi menjelaskan, LAPOR SP4N merupakan laporan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Melalui SP4N diharapkan pengaduan masyarakat mengenai pelayanan publik dapat ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggara dan mendorong meningkatkan kinerja penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik dalam pengelolaan pelayanan publik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan Terbaik I, II dan III dalam pengelolaan pengaduan melalui Lapor-SP4N di Kabupaten Banjar Tahun 2024 oleh Asisten Administrasi Umum didampingi Kepala DKISP Banjar.

Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber Kasi Pengelolaan Opini Publik Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Chairun Ni’mah dengan moderator Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Noor Syawli Sahri.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB