Trending

SD Alam Al Tamar Ajarkan Manfaat dan Fungsi Ekosistem Sungai

PENGAMATAN: Kegiatan Pameran Ekosistem Sungai Mini bagi siswa kelas 2 SD Alam Al Tamar Balangan - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Sungai merupakan aliran air yang mengalir terus menerus mulai dari hulu menuju ke hilir. Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya. 

Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di dalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam. 

Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya keberadaan ekosistem sungai, SD Alam Al Tamar Balangan menggelar Pameran Ekosistem Sungai Mini bagi siswa kelas 2 pada, Senin (3/6/2024).

Ketua Yayasan Al Tamar Balangan, Risalatun Nahdia Tamrin mengatakan, dalam kegiatan ini para siswa menampilkan ekosistem sungai mini yang mereka buat. 

"Melalui miniatur sungai mini ini kami memberikan edukasi kepada anak-anak untuk menjaga lingkungan sungai," ungkapnya. 


Lebih lanjut menurutnya, untuk menjaga keberlanjutan ekosistem sungai, perlunya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. 

Pengelolaan air yang bijaksana, pengurangan polusi, restorasi habitat, dan edukasi masyarakat tentang pentingnya ekosistem sungai dapat membantu melindungi keanekaragaman hayati. 

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan praktik ekosistem sungai mini terhadap anak-anak, maka kami ikut menjaga kesehatan ekosistem sungai, kita dapat memastikan keberlanjutan aliran air yang hidup ini untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Untuk diketahui, selain pengajaran tentang ekosistem sungai. Pengunjung yang terdiri dari anak-anak juga disuguhkan hiburan penampilan nyanyi dan tari, pembacaan puisi, kuis, serta pengunjung dapat berbelanja produk yang mereka jual.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB