Trending

Dishub Balangan Pantau Kondisi Lampu Peringatan Jalan

PANTAU: Tim Dishub Balangan saat mendata keberadaan lampu peringatan yang ada dibeberapa titik di Balangan, nantinya akan diganti dengan spek terbaru - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Perhubungan (Dishub) Balangan bakal mengganti dan mengupgrade seluruh Lampu Peringatan (Warning Light) yang ada di Kabupaten Balangan. 

Selama ini jenis Lampu Peringatan yang digunakan di beberapa titik yang ada di kota dan kecamatan masih versi lama dan nantinya akan diganti dengan spek terbaru. 

Kadishub Balangan, Musa Abdullah, melalui Kabid LLAJ, Rahmadi mengatakan, pergantian dan upgrade Lampu Peringatan akan dilakukan pada tahun ini dan tahun 2025. 

Dijelaskannya, bahwa Lampu Peringatan ini adalah jenis alat pemberi isyarat lalu lintas dengan lampu satu warna yang dipergunakan untuk memberikan peringatan bahaya kepada pengguna jalan. 

"Keberadaan lampu berwarna kuning kelap kelip ini untuk menyatakan pengguna jalan agar berhati-hati, itulah salah satu fungsinya," ujarnya, Senin (3/6/2024). 


Lebih lanjut menurutnya, lampu peringatan merupakan salah satu perlengkapan keamanan jalan yang tergolong penting untuk dapat mengatur arus lalu lintas. 

Namun, lampu peringatan tidak seperti traffic light atau lampu lalu lintas, yang membuat keduanya berbeda adalah pada fungsi serta kegunaannya. Fungsi bahkan kegunaannya lampu peringatan ini dipasang agar untuk memperlambat laju kecepatan para pengguna jalan. 

"Lampu peringatan ini biasa terpasang di jalan yang sepi atau jalan rawan kecelakaan guna memberikan peringatan bagi pengendara untuk melaju dengan hati-hati," jelasnya. 

Lampu peringatan terdiri dari dua lampu tiap jajarnya dengan posisi atas dan bawah, warna lampunya pun hanya memiliki satu warna saja yaitu kuning yang diberi tanda kedap-kedip di setiap detiknya. 

Pemasangan lampu peringatan ini biasanya di jalan yang dianggap rawan, karena jika tidak ada lampu peringatan akan memicu atau mengundang para pengendara untuk melaju dengan kecepatan tinggi. 

"Semoga dengan digantinya lampu peringatan versi terbaru ini nantinya akan semakin membantu pengendara untuk selalu lebih berhati-hati sehingga taat dan tertib dalam berlalu lintas," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB