Trending

Ribuan Warga Belajar Paket A, B, dan C Resmi Dikukuhkan

TERSENYUM: Suasana pengukuhan ribuan warga belajar PKBM dan SKB se-Kota Banjarbaru di Aula Widyatama Disdik Banjarbaru - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru menggelar acara pelepasan dan pengukuhan peserta didik program Paket C, serta penyerahan ijazah secara simbolis pada, Senin (3/6/2024) di Aula Widyatama Disdik Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kepala Disdik Kota Banjarbaru, Dedy Sutoyo mengungkapkan, ada 1.072 peserta didik yang dikukuhkan. Terdiri dari Paket A sebanyak 155 orang, Paket B ada 395 orang dan Paket C 522 orang.

"Mereka (peserta didik -red) berasal dari tujuh PKBM dan satu SKB yang tersebar pada lima kecamatan di Kota Banjarbaru," ujarnya. 


Menurut Dedy, kegiatan pembelajaran di PKBM ataupun SKB juga telah menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. Termasuk akun belajar.id hingga rapor pendidikan. 

“Setiap murid PKBM tiap tahun ini digencarkan ke akun belajar.id dan tutor harus mengembangkan diri," ungkapnya. 

"Meski dalam pelaksanaannya bersifat fleksibel," sambungnya. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, terutama dengan banyaknya beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru. 

“Kami berharap mengenai masalah ekonomi dan lainnya itu bukanlah halangan tetapi kemauan dan semangat itulah yang paling penting untuk melanjutkan pendidikan,” ungkapnya.

Selain itu, Aditya juga menyatakan, keberadaan PKBM dapat meningkatkan indeks pembangunan daerah di Banjarbaru.

“Karena pendidikan adalah investasi terbaik dan kami berpesan kepada peserta didik yang dikukuhkan untuk terus melanjutkan pendidikannya agar bisa meraih cita-cita,” tukasnya.

Untuk diketahui, program belajar paket di Banjarbaru telah menjalin kerjasama dengan Santika, memungkinkan para warga belajar memperoleh sertifikat keahlian setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

Penulis: H Faidur  

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB