Trending

Habis AMIN Terbitlah AMAN

 

PILGUB JAKARTA: Poster duet Anies-Sohibul Iman -Foto dok news.detik.com


RILISKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 sudah di depan mata. Jelang pendaftaran cagub dan cawagub di bulan Agustus mendatang, PKS mengumumkan pasangan yang akan diusungnya dalam Pilgub Jakarta mendatang.

Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS mengusung kadernya yaitu Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman, untuk ikut dalam gelanggang Pilkada Jakarta. PKS mengusung Sohibul sebagai cawagub yang akan berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai cagub.

"Oleh karena itu DPP PKS mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta, juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh ulama habaib, tokoh-tokoh lintas agama bahkan yang datang ke DPP PKS, para agamawan, para cendekiawan serta masyarakat di DKI Jakarta," kata Presiden PKS, Ahmad Syaikhu pada Selasa (25/6/2024) di Jakarta.


"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat DPTP PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur," imbuhnya.

Lahir Singkatan AMAN

PKS mengusung duet bakal pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub DKI Jakarta 2024. Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, berkelakar singkatan duet tersebut adalah 'AMAN'.

"Kami meyakini pasangan Anies-Sohibul Iman, ada yang sudah mereka-reka juga singkatannya, AMAN katanya," katanya.

Namun, Syaikhu tidak terpaku dengan singkatan 'AMAN' untuk Pilgub Jakarta. Syaikhu menilai masih bisa didiskusikan lagi singkatan duet Anies-Sohibul Iman.

"Nanti terserahlah apa namanya, yang memiliki kualifikasi yang mumpuni, serasi dan bisa saling melengkapi untuk memimpin DKI Jakarta," ujarnya.

Singkatan AMAN terasa mirip dengan singkatan yang dipakai Anies saat maju dalam Pilpres 2024 lalu. Kala itu Anies yang berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar terkenal lewat singkatan AMIN.

PKS Pamer Poster AMAN Usai Usung Anies-Sohibul Iman

Akun media sosial PKS juga telah meluncurkan poster duet Anies-Sohibul Iman. Slogan duet tersebut 'Jakarta AMAN'.

Dilihat, Selasa (25/6/2024), poster tersebut terpampang foto Anies dan Sohibul Iman mengenakan jas hitam dan peci hitam. Latar belakang poster yang diunggah PKS bergambar monas dengan dominasi warna oranye.

"Jakarta AMAN, Anies Baswedan-Sohibul Iman, bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024-2029," demikian tulisan poster yang diunggah akun PKS.

Soal singkatan duet Anies-Sohibul Iman juga disampaikan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, saat acara Sekolah Kepemimpinan Partai PKS di Grand Sahid Hotel. Meski demikian Syaikhu tidak terpaku dengan singkatan 'Aman' untuk Pilgub Jakarta.

Alasan PKS Usung Pasangan AMAN

PKS resmi mengusung pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman maju sebagai bacagub dan cawagub di Pilgub Jakarta 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengungkapkan sejumlah alasan mendukung pasangan yang disingkat AMAN itu.

Menurut Syaikhu, Anies sukses saat menjabat Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022. Berbagai prestasi disebut ditorehkan oleh Anies Baswedan.

"Bapak Anies Rasyid Baswedan sukses menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dengan berbagai torehan prestasi di berbagai sektor pembangunan. Berhasil memajukan kota serta membahagiakan warganya," kata Ahmad Syaikhu.

Adapun Sohibul Iman disebut sebagai teknokrat dan juga akademisi serta memiliki pengalaman panjang di bidang politik. Karena itu pasangan Anies - Sohibul Iman menjadi pilihan PKS di Pilgub Jakarta.

"Sementara Bapak Sohibul Iman seorang teknokrat, juga cendekiawan yang pernah menjadi rektor Universitas Paramadina, berpengalaman di legislatif sebagai wakil ketua DPR RI periode 2013-2014, serta pernah menjadi presiden Partai Keadilan Sejahtera periode 2015-2020," ucapnya.

Syaikhu pun mengajak seluruh kader PKS untuk bersama memenangkan pasangan Anies Sohibul Iman di Pilgub Jakarta. Dia meminta kader PKS mengaktifkan kembali mode konsolidasi hingga memperluas jaringan untuk memenangkan Pilkada.

PKS Komunikasi dengan Surya Paloh Sebelum Umumkan AMAN

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan telah berkomunikasi dengan Ketum NasDem Surya Paloh sebelum mengumumkan pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman untuk maju di Pilgub Jakarta. Syaikhu menyebut ada sinyal positif dari pertemuan tersebut.

Syaikhu mengatakan pertemuan dengan Surya Paloh dilakukan pada hari Senin kemarin di NasDem Tower. Surya Paloh disebut memberikan sinyal positif atas pasangan Anies-Sohibul Iman itu.

"Dengan NasDem kita sudah berkomunikasi, alhamdulillah sambutan Pak Surya Paloh juga memberikan sinyal positif untuk memberikan pencalonan ini," kata Syaikhu.

"Kita terus berkomunikasi, termasuk dengan Pak Surya Paloh kemarin, nah jadi Insya Allah inilah tadi saya katakan bahwa NasDem juga memberikan sinyal positif dalam pencalonan ini," jelasnya.

Dia mengatakan komunikasi politik akan dilanjutkan dengan menemui sejumlah parpol lain. Adapun agenda terdekat ialah pertemuan dengan PKB.

"Dan Insya Allah nanti akan kita lanjutkan dengan PKB dan partai-partai yang lain," ujarnya.

Sumber: news.detik.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB