Trending

BPBD Balangan Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana di Desa Pematang

 

LATIHAN: Warga Desa Pematang saat dilatih cara memadamkan api menggunakan alat - Foto Dok Mardiana

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Dalam rangka mengurangi risiko bencana, Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menggelar Pelatihan Mitigasi Bencana Daerah Rawan dan Berisiko di Desa Pematang, Kecamatan Awayan. 

Seperti diketahui Mitigasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. Kegiatan diikuti oleh aparat desa dan perwakilan masyarakat. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan Jumaidil Hairi mengatakan, kegiatan ini adalah untuk meningkat kapasitas SDM masyarakat  dalam melibatkan diri pada kegiatan penanggulangan bencana khususnya yang terletak di kawasan rawan bencana agar mampu menerapkan pengurangan risiko bencana jika sewaktu waktu terjadi bencana. 

"Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat tentang risiko bencana yang sewaktu-waktu dapat mengancam warganya. Selain itu dapat meningkatkan keterlibatan dan peran serta relawan pada kegiatan pelatihan penanggulangan bencana sesuai dengan standar operasional pelaksanaan jenis bencana yang sering terjadi di daerah tersebut," ujarnya, Kamis (13/6/2024).


Sasaran pelaksanaan kegiatan pelatihan diperuntukkan bagi kawasan rawan bencana dan mempunyai tingkat ancaman bencana tinggi. Peserta kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya dari masyarakat namun juga semua unsur pentahelix ikut terlibat dalam penanganan bencana.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB