Trending

Acil Odah Tekankan Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Orientasi Pelaksanaan Labkesmas

SAMBUTAN: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, saat menyampaikan pentingnya peningkatan Labkesmas - Foto Dok Biro Administrasi Pimpinan


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel bersama-sama dengan 13 Kabupaten Kota di Kalsel melaksanakan pertemuan orientasi Labkesmas yang dimulai pada, Senin 10 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pelaksanaan laboratorium kesehatan masyarakat sesuai standar fungsi dan kualitas yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah SKM MKes atau biasa disapa Acil Odah menyampaikan, pentingnya transformasi layanan primer dan transformasi sistem ketahanan kesehatan untuk upaya penguatan layanan laboratorium kesehatan.

Acil Odah juga menyebut, Kementerian Kesehatan RI berkomitmen dalam melakukan enam pilar transformasi penopang sistem kesehatan Indonesia, dimana laboratorium kesehatan masyarakat berada di pilar satu yaitu transformasi layanan primer dan pilar ketiga yaitu transformasi sistem ketahanan kesehatan.

Lebih lanjut, ungkap Acil Odah, dalam Undang-Undang Kesehatan No.17 Tahun 2023 Pasal 23, Labkesmas mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan primer.

“Laboratorium kesehatan masyarakat juga bertujuan untuk melaksanakan pemeriksaan spesimen klinis dan pengujian sampel sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta peningkatan kesehatan masyarakat dengan mengacu pada standar WHO”, kata Acil Odah, Selasa (11/6/2024) di Banjarmasin. 


Acil Odah menjelaskan, Labkesmas mempunyai 14 fungsi di lima tingkatan, dimana labkesmas tingkat satu di puskesmas memiliki lima fungsi, labkesmas tingkat dua yaitu labkesmas/labkesda kabupaten/kota memiliki delapan fungsi, labkesmas tingkat tiga yaitu labkesmas/labkesda provinsi memiliki 12 fungsi, labkesmas tingkat empat yaitu labkesmas regional memiliki 13 fungsi, dan labkesmas tingkat lima yaitu labkesmas nasional memiliki 14 fungsi.

Acil Odah juga berharap dari kegiatan orientasi Labkesmas ini, tenaga kesehatan di puskesmas dan dinas kesehatan dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman dalam pelaksanaan pelayanan laboratorium kesehatan di masyarakat, sehingga tercipta layanan yang sesuai dengan standar fungsi dan kualitas yang telah ditentukan.

“Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium kesehatan dan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama