Trending

Sakit Gigi, Begini Penanganannya Menurut Dokter Anita Dari RSD Idaman

 

NYERI: Sakit Gigi sangatlah menganggu aktivitas keseharian - Foto Dok Nett

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Siapa yang pernah sakit gigi, tentu banyak yang pernah mengalami dan itu menganggu aktivitas. 

Penanganannya, begini caranya sebagaimana yang disampaikan drg Anita dari RSD Idaman Kota Banjarbaru.

"Sakit gigi adalah kondisi ketika gigi mengalami rasa sakit atau nyeri, dengan tingkat keparahan sakit yang berbeda beda atau bervariasi. Kebanyakan kasus sakit gigi terjadi akibat karena permasalahan jaringan disekitarnya atau bagian lain yang berhubungan dengan gigi seperti rahang, sinus, dan telinga,” katanya.


Sering dtemukan pasien berobat sakit gigi di RSD Idaman Kota Banjarbaru adalah kerusakan gigi, karena karies atau lubang pada gigi. Terjadinya karies atau lubang pada gigi hal ini disebabkan  sering mengkonumsi gula, tidak menjaga kesehatan rongga mulut, mulut kering, kebiasaan merokok, atau konsumsi obat tertentu. 

Kesalahan penanganan antara lain meleTakkan obat tertentu yang bisa mengobati ke dalam lubang gigi, menempelkan sesuatu daerah pipi sehingga iritasi gigi yang berlubang.

“Padahal itu penanganan menjadi lebih susah, mahal dan sulit menangani berikutnya. Sakit gigi tidak bisa hanya dengan minum obat itu hanya sementara. Mengilangkan sakit adalah hilangkan penyebab utama sakitnya,” tegasnya,

Jika mengalami sakit gigi, langkah pertama datang ke dokter gigi atau fasilitas layanan kesehatan terdekat. 

Karena menghilangkan rasa sakit adalah hilangkan penyakit utama, jangan berlangsung lama karena memerlukan waktu dan biaya mahal. 

Kemudian menghindari faktor penyebab sakit gigi adalah menghindari makanan lengket hingga lakukan penyikatan gigi secara benar dan menyeluruh.

"Terakhir hindari terjadinya lubang pada gigi yang lebih besar sehingga bilamana keluhan ngilu lubang kecil segera diperiksakan dan lakukan penanganan yang tepat," tukasnya.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB