Trending

Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Banjarbaru Hadirkan Delapan Unit Mobil Puskesmas Keliling

ARMADA KESEHATAN: Penampakan mobil Puskesmas Keliling yang siap digunakan untuk kegiatan preventif dan promotif ke masyarakat - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru melalui program Puskesmas Keliling (Pusling) mendatangkan delapan unit mobil ambulans sebagai sarana penunjang layanan kesehatan bagi masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala Dinkes Banjarbaru, dr Juhai Triyanti Agustina, kepada awak media riliskalimantan.com pada, Rabu (8/5/2024) kemarin, di Kantor Dinkes Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

"Total keseluruhan (mobil -red) ada 15 unit yang terdiri dari depan innova untuk Pusling, dan tujuh unit triton untuk ambulans transport. Insyaallah kurang lebih sepuluh hari lagi datang," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, bahwa semua unit yang didatangkan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2024, setelah proses usulan Dinkes Banjarbaru kepada Kementerian Kesehatan RI melalui Aplikasi Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan (ASPAK).

"Bantuan ini akan mempermudah kegiatan preventif dan promotif ke masyarakat. Serta bisa juga digunakan untuk mengantar atau memindahkan pasien ke fasilitas layanan kesehatan hingga rumah sakit," ujarnya.

Lebih lanjut, dr Juhai mengungkapkan, bantuan tersebut akan diserahkan kepada delapan Puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru. Yakni, Puskesmas Liang Anggang, Cempaka, Guntung Payung, Guntung Manggis, Banjarbaru Selatan, Sungai Besar, Sungai Ulin, dan Landasan Ulin Timur.

WAWANCARA: Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, dr Juhai Triyanti Agustina, saat menyampaikan program Puskesmas Keliling - Foto Dok H Faidur


"Nanti penyerahan unit langsung dari Bapak Wali Kota Banjarbaru, setelah semuanya lengkap," bebernya.

Menurut dr Juhai, kehadiran berbagai mobil operasional ini menjadi bukti kesungguhan Walikota Aditya dalam mendorong semakin majunya pelayanan kesehatan di Kota Idaman. Ia juga meyakini masyarakat Banjarbaru akan merasakan manfaatnya.

“Bapak Walikota konsen dalam mendorong pelayanan kesehatan yang semakin maju dan tentunya mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat," tegasnya.

"Semoga dengan hadirnya ambulans Pusling dan ambulans transport ini semakin banyak lagi orang yang dapat mengakses layanan kesehatan tanpa hambatan," pungkasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB