Trending

RSD Idaman Banjarbaru Bagikan Empat Tips Cegah Pneumonia

 

 

BERBAHAYA: Radang paru-paru menjadi penyakit yang serius - Foto Dok Nett 


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Radang paru-paru atau pneumonia merupakan peradangan pada parenkim paru. Kondisi ini dapat membuat pasien mengalami sulit bernapas.

Biasanya penyakit ini menyerang bayi dan awal masa anak. Kendati, penyakit ini juga dapat terjadi pada orang dewasa,

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sebanyak 15 persen kematian anak-anak usia balita di seluruh dunia terkait dengan pneumonia.

Lantas bagaimana mencegahnya? Spesialis Paru Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru dr. Umi Fatma Octavia membagikan tipsnya, sebagai berikut:

1. Vaksinasi

Pasien menerima vaksin pneumonia dan vaksin flu sesuai jadwal yang direkomendasikan dokter.

2. Terapkan Kebersihan

Utamanya, mencegah berbagai penyakit dimulai dari jaga kebersihan. Seperti rajin cuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan dan setelah bersin.

Usahakan jangan merokok dan menghindari paparan asap rokok. Pasalnya, merokok dapat merusak paru-paru dan meningkatkan risiko pneumonia.

3. Hidup Sehat

Kehidupan sehat dimulai dengan pola sehari-hari. Olahraga teratur, makan makanan bergizi, tidur tepat waktu, tentu jadi kunci utama mencapai hidup sehat.

4. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Selain kebersihan pada diri, juga perlu menjaga lingkungan di sekitar. Hindari paparan polusi udara. Terlebih bahan kimia beracun yang bisa merusak paru-paru.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB