Trending

Program Balangan Terang 2024, Ribuan Titik Lampu Akan Dipasang

PENERANGAN: Salah satu ruas jalur yang sudah dipasangi lampu dalam program Balangan Terang - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Salah satu program unggulan Bupati Balangan, H Abdul Hadi, yaitu Balangan Terang terus diperluas dan ditambah. 

Di antara bulan Juni, Agustus dan September ribuan titik lampu direncanakan kembali bakal dipasang untuk ruas jalan atau jalur-jalur yang masih gelap. 

Kepala Dishub Kabupaten Balangan, Musa Abdullah, melalui Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Rahmadi, membenarkan bahwa Dishub akan merealisasikan pemasangan titik lampu baru dalam program Balangan Terang. 

"Insyaallah lima kecamatan kami realisasikan pemasangan lampu," ungkapnya, Senin (13/5/2024). 


Lebih lanjut diuraikannya, untuk Kecamatan Halong pemasangan titik lampu dimulai dari jalur Halong - Tabuan - Kapul sampai Hauai. Sedangkan untuk Kecamatan Tebing Tinggi, dari perbatasan Awayan - Muara Pitap - Awayan - Muara Jaya - Simpang Tiga Muara Jaya sampai ke Tebing Tinggi. 

Kemudian di Kecamatan Lampihong mulai jalur perbatasan Paringin - Lampihong - Teluk Karya. 

"Untuk ruas jalan Mantimin - Lampihong masih dalam usulan rencana kegiatan perubahan tahun ini," ujarnya.

Adapun untuk Kecamatan Batumandi mulai jalur Batumandi - Lok Batu - Banua Hanyar - Kaladan dan jalan samping kantor kecamatan. 

Terakhir Kecamatan Paringin dijalur Batupiring - Lingsir - Asrama Polisi - Rumah Pejabat Kejaksaan - Perumahan Batupiring - Bungin - Cahaya Muhibbin - Griya Pangeran - Perumahan Tungkap - Puri Gardena - Rizky Residence - Jalan Kejaksaan DPRD. 

Menurutnya, untuk total masing-masing lampu yang dipasang ditiap kecamatan yaitu Halong 297 titik lampu, Tebing Tinggi 314 titik lampu, Lampihong 394 titik lampu, Batumandi 405 titik lampu, dan Paringin 297 titik lampu. 

"Semua jenis lampu yang dipasang adalah lampu LED dengan kapasitas 60 watt," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, hadirnya program Balangan Terang ini adalah bertujuan untuk memberikan pelayanan publik khususnya penerangan jalan umum. 

Selain itu juga untuk memperlihatkan dan memperindah wajah Kota Balangan di malam hari, serta yang tak kalah pentingnya adalah untuk menunjang sarana prasarana penerangan dalam rangka menyongsong Kabupaten Balangan sebagai penyangka Ibu Kota Negara (IKN).

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB