Trending

Pemprov Kalsel Edukasi Lansia di Momen HLUN 2024

RAMAI: Sejumlah lansia melakukan foto bersama usai mengikuti seminar awam dan senam lansia yang diakan oleh RSUD Ulin Banjarmasin di momen HLUN 2024 - Foto Dok diskominfomc.kalselprov.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, mengadakan seminar awam dan senam Lanjut Usia (Lansia) sehat dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024 pada, Sabtu (18/5/2024) lalu, di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Diauddin mengatakan, kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada para peserta untuk pentingnya menjaga kesehatan di zaman sekarang.

“Meskipun secara fisik dianggap lemah, lansia bukanlah masalah. Lansia hadir di masyarakat sebagai penyangga pembangunan, pelestari nilai kesopanan, pemelihara dan pewaris budaya, serta tuntunan hidup bagi para generasi muda,” ucapnya. 


Sementara itu, Dokter Spesialis Ilmu penyakit Dalam RSUD Ulin Banjarmasin, Wiwit agung Sri Nur Cahyawati menjelaskan, pada peringatan kali ini pemerintah mengangkat tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

“Berbagai kegiatan kami laksanakan diantaranya seminar mengenai kebutuhan nutrisi pada Lansia dan pencegahan Sarcopenia,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat ini usia harapan hidup lansia meningkat di atas 70 tahun, itu merupakan hasil kerja keras semua pihak. Seperti banyaknya layanan untuk para lansia di rumah sakit maupun pola hidup yang dijaga oleh lansia itu sendiri.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat di Kalimantan selatan cukup bagus karena mereka rutin berobat yang mana setiap harinya poli geriatri bisa menerima pasien kurang lebih 40 orang,” terangnya.

Untuk itu, Ia berharap dengan pelaksanaan seminar ini para lansia bisa mengamalkan ilmu yang diberikan. Sehingga kesehatan bisa terjaga.

“Karena walaupun lansia, mereka juga tetap bisa aktif,” pungkasnya.

Sumber: diskominfomc.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB