Trending

Legislator Barsel Ini Minta Investor Wajib Bayar Pajak

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Barsel H. Sudiarto - Foto Dok Nett

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Para investor yang ingin menanam modalnya atau ingin berinvestasi di bidang apa saja pada wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diminta untuk selalu mentaati setiap aturan ditetapkan, dalam hal ini kewajibannya dalam membayar pajak.

“Karena berdasarkan peraturan ditetapkan pemerintah, setiap investor memang harus wajib membayar pajak maupun kontribusi lainnya bagi daerah,” tegas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barsel H. Sudiarto, Senin, (20/5/2024).


Dirinya juga mengatakan, untuk memajukan roda pembangunan daerah memang diperlukan adanya investor yang menanamkan modalnya, sehingga lajunya pembangunan pun akan semakin nyata terlihat. 

Kendati demikian, bagi investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Barsel, harus pula mentaati setiap aturan ditetapkan dan jangan malah mengabaikannya, terutama dalam hal pembayaran pajak untuk lebih ditingkatkan.  

“Atas nama legislatif Barsel saya sangat setuju apa yang dikatakan Pj. Bupati Barsel jika setiap investor wajib taati aturan,” terangnya.

Begitu pula terhadap pembangunan jalan, kata dia, sangat diketahui hampir setiap tahunnya selalu mengalami kerusakan, diakibatkan truk-truk sarat muatan milik dari sejumlah perusahaan yang mengangkut melebihi tonase.

Sebenarnya, dengan terjadinya kerusakan jalan yang dilalui oleh truk-truk itu, harus ada dana perimbangan, baik dari hasil bagi pajak atau yang bukan pajak.

“Dengan adanya dana perimbangan itu, maka ruas jalan yang rusak seperti jalan Pahlawan dan jalan lainnya dalam kota Buntok dapat diperbaiki  sehingga dapat memperlancar arus lalulintas,” ungkap Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Terkait dengan truk-truk perusahaan non KH yang beroperasi di wilayah Barsel, diimbau untuk membalik nama dari kendaraanya. Dimaksudkan, agar setiap truk atau  kendaraan milik dari perusahaan menggunakan plat KH dapat memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.

“Sebab nilai pajak dari setiap truk maupun angkutan berat yang menggunakan plat KH yang hilir mudik di wilayah Barsel diyakini sangat membantu  dalam mendongkrak hasil PAD Barsel dalam setiap tahunnya,” tukas wakil rakyat dapil IIl Barsel itu.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB