Trending

Bupati Balangan Resmi Buka Festival Budaya Meratus 2024 di Desa Kapul Kecamatan Halong

FOTO BERSAMA: Bupati Balangan, H Abdul Hadi, setelah membuka secara resmi Festival Budaya Meratus 2024 - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Bupati Balangan, H Abdul Hadi, secara resmi membuka Festival Budaya Meratus 2024, Jumat (24/5/2024) kemarin, di Desa Wisata Budaya Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Abdul Hadi mengatakan, Festival Budaya Meratus 2024 merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan keunikan budaya lokal melalui tradisi yang tumbuh di masyarakat pegunungan Meratus yang belum banyak diketahui umum.

“Melalui event budaya ini, kami mengajak untuk menikmati beragam tradisi dan permainan tradisional masyarakat Dayak Meratus di Balangan,” ungkapnya.


Dalam prosesnya, pembukaan event diawali prosesi dengan “tapung tawar” yang dipimpin oleh Kepala Adat Dayak Halong, Gupen. Setelah itu, disajikan tampilan tari Bagintur dari Sanggar Seni Wadian Tambai.

Festival Budaya Meratus 2024 sendiri, berlangsung dari 24 hingga 26 Mei 2024 yang nantinya akan menampilkan berbagai pertunjukan seperti tarian adat dan sanggar seni.

Lebih lanjut, Abdul Hadi berharap para pengunjung dapat mengetahui secara lebih spesifik budaya dan tradisi apa saja yang ada pada masyarakat adat Dayak Meratus di Balangan.

“Berbagai ritual dan prosesi adat dipertunjukkan pada event Festival Budaya Meratus 2024 kali ini,” katanya.

“Diharapkan, Festival Budaya Meratus dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi pengunjung, baik dari Balangan sendiri maupun wisatawan luar daerah,” sambungnya.

Adapun beberapa tradisi lokal yang ditampilkan pada Festival Budaya Meratus 2024 kali ini, antara lain Tari Bagintur yang diyakini dapat menghadirkan roh leluhur dan Matu’u atau tradisi menumbuk padi.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB