Trending

Waket DPRD Apresiasi Tim Seni Budaya Barsel Raih Prestasi Ditingkat Internasional

WAWANCARA: Wakil Ketua DPRD Barsel Nyimas Artika - Foto Dok Nett

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Nyimas Artika mengapresiasi tim seni budaya kabupaten setempat berhasil meraih prestasi di tingkat internasional.

“Kita mengapresiasi tim seni budaya kabupaten ini meraih prestasi runner up atau juara II pada ajang Internasional Folk Dance Festival di Uttar Pradesh New Delhi India beberapa waktu lalu,” kata dia.


Karena lanjut dia, prestasi yang telah diraih tersebut merupakan suatu kebanggaan negara Indonesia khususnya bagi Kabupaten Barsel.

“Melalui ajang tersebut, kita juga dapat memperkenalkan seni budaya Indonesia khususnya seni dan budaya Kabupaten Barsel di dunia internasional,” ucap dia.

Selain itu, ia juga sangat bersyukur, karena tim seni budaya kabupaten Barito Selatan mewakili Indonesia di ajang Festival tarian rakyat internasional.

“Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng, penjabat bupati dan Ketua TP PKK Barsel beserta seluruh masyarakat serta semua yang terlibat yang membantu, sehingga tim seni budaya Barsel bisa tampil dan meraih prestasi,” bebernya.

Sementara ketua TP PKK Kabupaten Barsel Erna Ardiani sebelumnya mengatakan, sangat bersyukur, karena tim seni budaya asal Kabupaten Barsel yang merupakan wakil Indonesia berhasil meraih juara II dalam kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, dalam kegiatan yang diikuti 10 negara yang berasal dari benua Eropa dan Asia tersebut, tim seni budaya Barsel melalui sanggar tari Ranu Mareh menampilkan sejumlah tarian tradisional Dayak Ma’anyan.

“Adapun tarian tersebut yakni tarian tradisional Wadian Dadas, Wadian Bawo, dan tarian Giring-Giring,” jelas istri Penjabat Bupati Barsel Deddy Winarwan ini.

Dalam ajang Internasional Folk Dance Festival atau festival tarian rakyat internasional yang berlangsung pada 16-21 Oktober 2023 itu juga lanjut dia, dirinya juga ikut menjadi penari pada tarian adat nusantara.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk India dan Kerajaan Bhutan Ina Hagniningtyas Krisnamurthi beserta jajarannya yang telah memfasilitasi dan membantu seluruh kegiatan tim seni budaya Barsel selama di New Delhi India.

“Bahkan Duta Besar secara khusus menugaskan Hanafi selaku Minister Counselor Protokol, Sosial & Budaya – KBRI New Delhi dalam mendampingi dan mendukung tim seni budaya Barsel saat tampil di acara tersebut,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB