Trending

Ratusan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kotabaru Ikuti Kegiatan Manasik Haji

RAMAI: Ratusan jemaah calon haji Kotabaru tampak khusu saat mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji - Foto Dok Mawardi


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Kantor Kemenag Kotabaru melakukan Bimbingan Manasik Haji kepada 225 Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 2024, Selasa (16/04/24) lalu, di Masjid Agung Husnul Khatimah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Panitia Pelaksana Manasik Ibadah Haji, H Herman Prasetio menyampaikan, tujuan diadakannya pembinaan ini agar jemaah haji memahami kebijakan pemerintah Indonesia tentang penyelenggaraan haji dan umrah. 

"Para jemaah juga diberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan haji dan tata cara pelaksanaan ibadah haji agar lebih mandiri dan siap dalam menjalankan rangkaian ibadah haji," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Bupati, Zainal Arifin mengatakan, kegiatan itu sangat penting bagi JCH karena akan menambah wawasan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan ajaran Islam dalam menjalankan rukun haji.

Dirinya juga berpesan kepada JCH agar dapat mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh agar dapat menyerap ilmu yang disampaikan dengan baik.

"Siap diri dengan baik, jaga kesehatan, tingkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus karena ibadah haji itu tidak hanya fisik namun juga mental spiritual," pesannya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotabaru, Dr H Ahmad Kamal, meminta agar JCH bisa mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan manasik sehingga memahami, mengerti dan mengamalkan pada saat pelaksanaan ibadah haji nantinya.

"Pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik ini berlangsung selama 2 (dua) kali pertemuan yaitu Selasa,16 April 2024 dan Kamis, 25 April 2024," ujarnya.

Adapun kegiatan bimbingan manasik untuk tingkat kecamatan dilaksanakan selama 8 hari, yakni mulai tanggal 17-24 April 2024, bertempat di Islam Centre, Aula Kodim 1004 Kotabaru, dan Aula STIT Darul Ulun Kotabaru serta Masjid Agung Husnul Khatimah untuk pelaksanaan kegiatan Praktek manasik hajinya.

Untuk diketahui, dari jumlah JCH Kabupaten Kotabaru sebanyak 225 orang, terdiri dari 95 orang laki-laki dan 130 orang perempuan.

Sedangkan, jemaah termuda berusia 21 tahun atas nama Fadel Prima Nugraha dari Kecamatan Pulau Laut Utara. Sementara untuk jamaah tertua atas nama Habibah Anang Zakaria usia 82 tahun asal Kecamatan Kelumpang Tengah.

Penulis: Mawardi

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB