Trending

Melalui 6 Unit Angkutan Bus, Aditya Hantarkan Ratusan Warga Banjarbaru Mudik Gratis

PELEPASAN: Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, saat memberangkatkan rombongan mudik gratis 2024 - Foto Dok H Faidur


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub), kembali memberikan fasilitas angkutan mudik gratis bagi warganya yang menginginkan pulang kampung sebelum Idulfitri 1445 H. 

Hal tersebut, disampaikan oleh Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin, saat melakukan pelepasan enam unit angkutan bus mudik gratis, Minggu (7/4/2024) pagi, di depan Balai Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita memfasilitas masyarakat yang ingin mudik ke daerah,” ungkapnya.


Dirinya mengatakan, sempat melakukan interaksi dengan para pemudik sebelum keberangkatan terkait daerah tujuan mereka.

“Saya bertanya juga ke masyarakat, memang untuk arus baliknya berbeda-beda,” ujarnya.

Adapun rute angkutan mudik gratis ini adalah enam kabupaten di sepanjang daerah Hulu Sungai atau Banua Anam. Yakni Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru, Muhammad Mirhansyah mengungkapkan, dua kabupaten di Banua Anam menyatakan kesiapannya untuk menjemput dan mengantarkan para pemudik dari Banjarbaru menuju rumahnya masing-masing. 

“Konfirmasinya dari Tapin dan Tabalong, mereka menyiapkan (angkutan) di sana. (Pemudik) diturunkan di kantor pemkab, ada yang ke terminal, (kemudian) difasilitasi sampai ke rumah,” bebernya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, pemudik yang memilih rute Tanah Bumbu dan Kotabaru jumlahnya sangat sedikit. Sehingga, para pemudik diarahkan menggunakan fasilitas angkutan mudik gratis yang disediakan Pemprov Kalimantan Selatan. 

“Kita bagikan juga tautan (pendaftaran) via Google Formnya. Total (kuota) 150 orang, yang mendaftar sekitar 157 orang,” pungkasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB