Trending

Inovasi Jempol Mili Pedas Cara Jitu Kecamatan Halong Awasi Dana Desa

KOMPAK: Kegiatan Inovasi Jempol Mili Pedas Kecamatan Halong - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Kecamatan Halong membuat sebuah inovasi revolusioner bernama Jempol Mili Pedas (Jempot Bola Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa) untuk melakukan pengawasan Dana Desa di Kabupaten Balangan.

Kasi Binwas Kecamatan Halong, Hardiansyah menjelaskan, Jempol Mili Pedas merupakan inovasi pola pendekatan langsung tanpa menggunakan aplikasi digital.

"Terjun langsung ke semua desa di Kecamatan Halong untuk mengejar transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa dengan cara yang lebih personal dan langsung. Tanpa mengandalkan teknologi digital," ungkapnya, Selasa (2/4/2024). 


Dirinya mengungkapkan, alasan mereka memilih untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat desa agar terjalin hubungan yang kuat dan memahami kebutuhan serta aspirasi setiap komunitas.

"Kami percaya bahwa keberadaan kami di lapangan, secara langsung membantu membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat. Dengan mendengar langsung dari mereka, kami dapat merespons lebih baik terhadap kebutuhan yang sebenarnya," ujarnya. 

Dirinya membeberkan, dengan menggunakan pendekatan yang lebih tradisional. Mereka tidak hanya mendapatkan informasi tentang penggunaan Dana Desa, tetapi juga memahami secara mendalam tantangan dan potensi masyarakat sesempat.

"Ini bukan hanya tentang memeriksa bagaimana dana tersebut digunakan, tetapi juga tentang memastikan bahwa kebijakan pembangunan benar-benar mencerminkan kebutuhan dan keinginan masyarakat," katanya. 

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan, hasil dari inovasi ini berupa respon sangat positif dari berbagai pihak. Mulai dari Aparat Desa maupun masyarakat setempat.

Kehadiran tim Jempol Mili Pedas di lapangan dianggap sebagai bukti nyata dari komitmen untuk membangun kerjasama yang erat antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembangunan. 

"Ini adalah langkah yang sangat berani dan inspiratif. Mereka telah membuktikan bahwa teknologi bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa," ujarnya. 

Dengan inovasi Jempol Mili Pedas, harapan untuk terwujudnya pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat desa semakin menguat. Pendekatan yang lebih personal dan langsung ini membuka ruang bagi partisipasi masyarakat yang lebih aktif dalam proses pembangunan, menciptakan dasar yang kokoh untuk pertumbuhan dan kemajuan yang merata di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Halong.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB