Trending

BPBD Balangan Raih Juara III Dalam Event Baarak Tanglong Tahun 2024

JUARA: Kepala BPBD Balangan bersama jajaran mendapatkan juara III di event Baarak Tanglong Tahun 2024 - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Lomba Baarak Tanglong, Sabtu (6/4/2024) malam, di halaman Masjid Al Akbar Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Balangan, Surya Dharma mengucapkan, rasa syukur atas raihan Juara III yang diperoleh instansinya dalam kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah juara III, suara himbauan pa Kalak nang (yang) manambah nilai BPBD dapat juara, selain itu konsep tanglong yang diusung sesuai tema dan keberadaan BPBD. Mantap," ujarnya. 


Dirinya menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan tanglong ini diantaranya adalah untuk melestarikan budaya dan mengedukasi warga, khususnya bidang BPBD yaitu memberikan himbauan tentang kebencanaan.

"Selain itu, juga untuk mengingatkankan dan mengenalkan kepada masyarakat tentang adat istiadat pada zaman dahulu," ungkapnya

"Nah, melalui kegiatan tanglong ini kita ingin melestarikan dan menggali kreativitas dalam membuat karya seni unik," tambahnya. 

Lebih lanjut menurutnya, berpartisipasi dalam arak-arakan tanglong bukan hanya sekedar melestarikan budaya, namun menjadi ajang menjaga silaturahmi dan sosialisasi kepada masyarakat. 

Dirinya kemudian berharap, pelaksanaan kegiatan tanglong ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka menjaga budaya dan seni tradisional, serta mengedukasi masyarakat. 

"Semoga dengan kegiatan lomba tanglong ini dapat menambah kecintaan akan budaya dan semakin menguatkan keimanan kepada Allah SWT," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB