Trending

Ahsani Fauzan Sebut Pemkab Balangan Fokus Tingkatkan Pemenuhan Infrastruktur dan Ekonomi Dalam Musrenbang RKPD

LEGISLATOR: Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Peningkatan pemenuhan infrastruktur dan perekonomian menjadi fokus pertama dalam pembangunan di Kabupaten Balangan pada tahun 2025 yang akan datang.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, saat melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024, Rabu (27/3/2024) lalu, di Mahligai Mayang Maurai Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Ketua DPRD kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan mengatakan, pihak pemerintah saat ini fokus mengupayakan pembangunan lainnya yang juga disampaikan dalam laporannya seperti peningkatan nilai tambah produksi pertanian dan pengembangan pariwisata, peningkatan investasi produk unggulan, dan daya saing UMKM serta peningkatan sumber daya manusia.

"Kemudian untuk fokus yang lainnya juga ada peningkatan tata kelola pemerintahan, percepatan penanganan kemiskinan dan mewujudkan kehidupan sosial, budaya dan agama serta pemerintahan yang harmonis dan kondusif," ungkapnya, Senin (1/4/2024).


Dalam sambutannya, Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan mengungkapkan, perencanaan pembangunan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, melalui perencanaan pembangunan yang baik, maka perencanaan akan mampu memberikan manfaat dan fungsi sebagai penuntun arah untuk meminimalkan ketidakpastian, inefisiensi sumber daya dan untuk menetapkan standar kualitas. 

"Diharapkan pembahasan pada Musrenbang dapat dilakukan maksimal agar kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya benar-benar selaras dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

"Untuk itu diperlukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan baik itu pemerintah, swasta, maupun masyarakat daerah, sehingga terwujud pembangunan yang berkelanjutan, terpadu dan terarah dalam jangka panjang," tambahnya. 

Untuk diketahui sebelum Musrenbang ini sudah dilakukan Musrenbang kecamatan dengan menghasilkan usulan sebanyak 1.953 dan setelah melalui forum lintas SKPD tersaring menjadi 1.917 usulan.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB