Trending

Abdul Hadi Sampaikan Pencapaian Daerah di Momen Perayaan Puncak Harjad ke-21 Kabupaten Balangan

RAMAI: Momen perayaan puncak harjad ke-21 Kabupaten Balangan - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar puncak Perayaan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Balangan pada, Senin (29/4/2024) kemarin, di halaman kantor Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berbagai pertunjukkan ditampilkan dalam memeriahkan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Balangan ini, salah satunya penampilan Drum Band Gita Muda Praja (GMP) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Balangan.

Selain itu, juga dilakukan penayangan video Kaleidoskop pencapaian Kabupaten Balangan pada masa kepemimpinan Abdul Hadi-Supiani dari tahun 2021 hingga 2024.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas partisipasinya dalam membangun Kabupaten Balangan.

Dirinya memaparkan berbagai inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah demi memajukan pembangunan Balangan, salah satunya di bidang pendidikan dengan program Beasiswa 1000 Sarjana di Balangan.

Dirinya mengungkapkan, saat pertama kali menjabat sebagai Bupati Balangan pada tahun 2020, Balangan merupakan Kabupaten yang memiliki tingkat stunting tertinggi se-Kalsel.

"Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuat sebuah inovasi Balanting atau Balangan Melawan Stunting yang membuat Balangan menjadi Kabupaten/Kota tercepat dalam penanangan stunting di Kalsel," ujarnya.


Dirinya juga menyampaikan, program Sanggam Babungas yang bekerjasama dengan Bank Kalsel cabang Paringin untuk memajukan pengusaha kecil di Kabupaten Balangan.

“Jadi untuk pengusaha kecil di Kabupaten Balangan untuk menambah modal, tanpa adanya bunga, tanpa biaya administrasi, tanpa biaya materai, tanpa biaya asuransi,” ungkapnya.

Menurutnya, program Sanggam Babungas merupakan satu-satunya di Indonesia yang memberikan pinjaman tanpa dipungut biaya sama sekali.

“Di daerah lain masih ada biaya administrasi dan masih ada biaya profesi, kalau di Balangan materainya pun kami belikan,” bebernya. 

Selain itu, dirinya juga mengatakan, program Home Care yang sudah berjalan selama tiga tahun di Kabupaten Balangan melalui pemberian pelayanan langsung kepada pasien ke rumah mereka.

Untk diketahui, turut berhadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar yang mewakili Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, anggota DPR RI, Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan beserta anggota, kepala SKPD, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB