Trending

Puluhan Petani Muda Martapura Barat Ikuti Pelatihan Tenak Itik Petelur

KOMPAK: Foto bersama peserta Pelatihan Ternak Itik Petelur Program YESS - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar, kembali melaksanakan Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian "Youth Entrepreneurship and Employment Support Services" (YESS), bersama 30 petani muda, Kamis (7/3/2024) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Martapura Barat, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kasi Kelembagaan Petani, Dwi Retnani, yang juga pendamping dari DIT Banjar mengatakan, melalui program YESS, Kementerian Pertanian membuka 400 kelas pelatihan lebih dari 12.000 kursi pelatihan diberikan kepada pemuda usia 17-39 Tahun.

"Program YESS bertujuan untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, pertanian yang berkelanjutan memerlukan investasi jangka panjang dalam pelestarian sumber daya alam dan lingkungan. Generasi muda yang terdidik tentang pentingnya keberlanjutan cenderung lebih mungkin menerapkan praktik pertanian yang ramah lingkungan. 

"Regenerasi petani memungkinkan adopsi teknologi pertanian baru dan praktik yang lebih efisien, meningkatkan produktivitas dan hasil pertanian," katanya.

Lebih lanjut, dirinya berharap dengan adanya kegiatan YESS khususnya kelas pelatihan BMP dapat membangkitkan semangat dan Motivasi bisnis para pemuda dan petani milenial untuk bergerak dan berwirausaha di sektor pertanian.

Sementara itu, pemateri Petani Sukses Itik Petelur, Riki Yakub, asal Desa Kelampaian Tengah Kecamatan Astambul. Menjelaskan beberapa kiat sukses menjadi peternak itik petelur.

Dirinya membeberkan, usaha itik petelur semakin menggiurkan karena permintaan pasar cendrung terus meningkat.

"Cara beternak itik petelur ini dimulai dari anggaran, mempersiapkan kandang, pemilihan bibit, perawatan hingga pemanenan," tukasnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB