Trending

ITS Mandiri Lakukan Peletakan Batu Pertama Sebagai Wujud Komitmen Peningkatan SDM Balangan

SIMBOLIS: Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan, Slametno bersama jajarannya melakukan peletakan batu pertama gedung baru ITS Mandiri - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Peningkatan kualitas pendidikan serta Sumber Daya Manusia (SDM) terus dilakukan Yayasan Sapta Bakti Pendidikan (YSBP) melalui peletakan batu pertama gedung kampus baru Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri), Jumat (8/3/2024) di Batu Piring, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Ketua YSBP, Slametno menyebutkan, tujuan peletakan batu pertama gedung kampus baru ITS Mandiri pada hari ini untuk mengoptimalkan serta menunjang kegiatan perkuliahan.

"Ini salah satu program jangka pendek dan jangka panjang dari yayasan kami guna megoptimalkan Institut Teknologi Sapta Mandiri," ungkapnya.


Dirinya mengatakan, selain sebagai peningkatan kualitas pendidikan dan SDM. Pembangunan gedung baru ITS Mandiri dilakukan karena jumlah mahasiswa yang semakin banyak.

"Di tahun kedua ini jumlah masiswa di ITS Mandiri sudah mencapai 700 orang dan diperkirakan di tahun ke tiga akan mencapai 1.000 mahasiwa," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah mengusahakan peningkatan status dari Institut Teknologi Sapta Mandiri menjadi Universiatas Sapta Mandiri.

"Sekarang sudah berproses dan insyaallah kami targetkan di Bulan Agustus atau September izinnya sudah terbit, jadi di tahun ajaran baru statusnya sudah jadi universitas," tambahnya.

Senada, Rektor ITS Mandiri, Abdul Hamid, mengungkapkan tujuan adanya ITS Mandiri adalah untuk memberikan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat Balangan mapun luar Balangan, serta merupkan wujud komitmen dalam meningkatkan SDM di Balangan.

"Jadi bagi Masyarakat Balangan yang menempuh pendidikan perguruan tinggi tidak perlu lagi jauh-jauh karena nantinya kita akan menjadi satu-satunya universitan di hulu sungai," tuturnya.

Dirinya berharap, kedepannya ITS Mandiri bisa lebih meningkatkan SDM baik dari segi pembangunan, kapasitas dan kompetensi serta kualifikasinya.

Untuk diketahui, ITS Mandiri merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Bumi Sanggam yang diresmikan pada tahun 2022 lalu dengan luas lahan 5.000 meter persegi dan akan ditambah lagi 3.500 meter persegi untuk gedung kampus baru.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB