Trending

DKISP Gelar Sosialisasi Jaringan Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar

SAMBUTAN: Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP), H M Aidil Basith membuka kegiatan sosialisasi jaringan intra Pemerintah Kabupaten Banjar - Foto Dok infopublik.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, telah menerapkan Sistem Jaringan Intra Pemerintah (JIP) di 27 SKPD dan 20 Kecamatan intra Kabupaten Banjar.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala DKISP Banjar, H M Aidil Basith, saat membuka Sosialisasi Pengamanan JIP Kabupaten Banjar, Selasa (5/3/2024) pagi, di Aula Baiman lantai 3 Bappedalitbang Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Jaringan tersebut bisa digunakan untuk pertukaran data dan informasi antar instansi maupun akses ke internet," ungkapnya.


Dirinya mengatakan, kegiatan pengamanan JIP harus dilakukan pengelola yang dalam hal ini adalah DKISP, serta seluruh pengguna yaitu SKPD yang terhubung.

“Risiko insiden keamanan informasi seperti penyebaran virus komputer antar instansi sampai serangan hacker yang berhasil masuk melalui salah satu instansi mungkin terjadi pada JIP, sehingga perlu sosialisasi ini dan peran serta dari SKPD yang terhubung ke JIP untuk mengamankan instansinya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul Hafizh, selaku narasumber yang berasal dari Diskominfo Provinsi Kalsel, menjelaskan manfaat penerapan JIP untuk meningkatkan keamanan aktifitas pertukaran data antar instansi.

"Setiap simpul jaringan yang terhubung dapat dipantau secara mudah karena topologi jaringannya dapat disesuaikan dengan kondisi pemerintah daerah," katanya.

Selain itu, dirinya menambahkan, penerapan JIP juga meningkatkan kecepatan akses dan efisiensi anggaran belanja internet.

"Sistem bandwidth dapat diterapkan menjadi sistem one bandwidth, serta dapat digunakan untuk pengembangan inovasi teknologi pertukaran data karena potensi yang dimiliki jaringan internal sangat beragamberagam," pungkasnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB