Trending

KPU Balangan Sosialisasi Pemilu kepada Pemilih Pemula

SOSIALISASI: Partisipasi generasi muda diharapkan tinggi pada Pemilu 2024 - Foto Dok Mardiana

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL - KPU Balangan sosialisasi kepada pemilih pemula dan muda dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

KPU Kabupaten Balangan menghadirkan dua narasumber, yaitu Kadarisman dari pengamat politik banua dan Donal Simarmata dari Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan. 

Kadiv Sosialisasi KPU Balangan Wahyudi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pemilih pemula dan pemilih muda dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. 

"Pendidikan politik bagi pemilih pemula bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman. Untuk generasi muda terutama yang akan memenuhi syarat secara konstitusional dan aturan penjabaran mengenai hak dan dan kewajiban politik dalam penyelenggaraan konsultasi atau pesta demokrasi," bebernya. 

Adapun sasaran utama pendidikan politik adalah membangun masyarakat yang cerdas berpolitik indikasi masyarakat yang cerdas kedepannya adalah mengetahui secara baik hak dan kewajiban menyalurkan aspirasi publik. 

"Masyarakat cerdas dalam berpolitik adalah salah satu syarat dalam mewujudkan demokrasi yang baik," katanya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB