Trending

DPRD Kalsel Bersama Kominfo Batola Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

 

DISKUSI: Anggota DPRD Provinsi Kalsel Dr. H. Kalrie Hanafi (tengah) saat menyampaikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di Kominfo Batola - Foto Dok Kominfo Batola  


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Kalrie Hanafi Kaliandra, SH., MH menggelar sosialiasi revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai ideologi Pancasila, Kamis (4/7/2024) di ruang media center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Kepala Diskominfo Batola Hery Sasmita, S.STP., M.AP. 

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Batola Hery Sasmita, S.STP., M.AP mengatakan, sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Pegawai ini dipesankan olehnya agar di dengarkan dengan baik.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk menambah ilmu dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.


Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalsel Dr. H. Kalrie Hanafi Kaliandra, SH., MH menjelaskan Empat pilar kebangsaan. Diantaranya Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. 

“Empat pilar adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat, karena merupakan panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan negara yang adil, makmur, sejahtera berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan sejarah singkat lahirnya Pancasila. Disampaikannya Pancasila secara konsensus lahir pada  1 Juni 1945 dari sidang BPUPKI yang menjadi dasar negara Indonesia dan pada tanggal 18 Agustus 1945 secara Yuridis Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Selain itu dirinya juga berikan pencerahan terkait peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Disebutkannya SDM yang diperlukan di masa sekarang adalah SDM yang memiliki knowledge, skill dan mental attitude. Sementara, SDM yang profesional menurutnya adalah SDM yang ahli dibidangnya, bekerja dengan tolak ukur dan mampu meningkatkan kinerja. 

“Banyak peranan yang kita lakukan dalam kehidupan, menjadi ASN maupun dalam kehidupan pribadi. Bagaimana kita berkehidupan yang baik, maka nilai-nilai Pancasila lah yang harus kita implementasikan dalam berperilaku dan bertindak,“ ungkapnya.

Acara sosialisasi ditutup dengan penyerahan lambang negara Indonesia miniatur patung burung Garuda Pancasila oleh Karlie Hanafi kepada Kepala Diskominfo Kabupaten Batola Hery Sasmita, S.STP., M.AP.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB