Trending

Komisi III DPRD Barsel Harapkan Bumdes Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

 

WAWANCARA: Ketua komisi III DPRD Barsel Hermanes - Foto Dok Nett

RILISKALIMANTAN.COM, KALTENG- Ketua komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Hermanes, mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah setempat bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desanya masing-masing.

“Karena, sebagian pemerintahan desa yang mendirikan bumdes tanpa terlebih dahulu melihat potensi dan kebutuhan prioritas masyarakat di desanya,” katanya di Buntok belum lama tadi.


Dikatakannya, kalau tidak melihat potensi SDA dan potensi lainnya yang ada di desanya, maka bumdes yang dibangun tidak akan bisa ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Untuk itu dirinya meminta kepada pemerintahan desa sebelum mendirikan bumdes terlebih dahulu melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun potensi lainnya yang ada di desanya masing-masing yang bisa dikembangkan dan diperlukan masyarakat.

Ia mencontohkan, seperti pada suatu desa yang memiliki potensi hasil pertanian dan perkebunan, maka sangat diperlukan bumdes dalam bidang usaha pupuk dan obat-obatan pertanian.

“Bumdes yang didirikan juga bisa menampung hasil pertanian untuk selanjutnya dipasarkan, sehingga keberadaannya dapat membantu masyarakat desanya,” ucap Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel itu.

Selain itu, ia mengajak kepala desa beserta aparaturnya yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini supaya betul-betul dalam mengelola bumdes, sehingga bumdes bisa berjalan dengan baik guna memajukan desanya masing-masing.

Sebab kata dia, keberadaan bumdes memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memajukan desanya.

“Potensi-potensi yang ada di desa, seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dan bidang lainnya yang jika didukung oleh bumdes, maka sektor tersebut akan bisa semakin maju,” ucapnya.

Demikian halnya dengan potensi lainnya yang apabila dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dengan begitu, disamping berperan membantu masyarakat, bumdes yang dibangun secara otomatis akan mengalami kemajuan dan berjalan sesuai dengan harapan bersama masyarakat di desanya masing-masing,” demikian Hermanes.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB