Trending

Bupati Balangan Hadiri Even Begagap Iwak di Desa Inan Panggung

 

SAMBUTAN: Bupati Balangan H Abdul Hadi saat menghadiri even Even Begagap Iwak di Desa Inan Panggung - Foto Dok Mawardi 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Setiap musim kemarau anak Sungai Balangan yang masuk ke jalur Kecamatan Paringin Selatan atau lebih dikenal dengan sebutan Tabat Besar Kali Meraup, akan mengalami penurunan debit air.

Akibat surutnya air, ada sebuah tradisi unik warga Desa Inan, Panggung, Galumbang hingga Maradap, yakni masyarakat datang berbondong-bondong untuk "Menjala dan Bagagap Iwak" atau menangkap ikan yang ada di sungai.

Memeriahkan tradisi pada tahun ini, aparat desa setempat mengadakan Lomba Menangkap Ikan yang diikuti sebanyak 200 lebih peserta, Rabu  (12/6/2024) lalu. 

Pemenang lomba adalah peserta yang mendapatkan ikan paling besar dan paling berat setelah ditimbang.

Kegiatan sendiri dibuka langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi. Selain itu hadir juga dalam kegiatan Kapolres Balangan, pihak perusahaan setempat, Anggota DPRD Balangan, Ketua Pengadilan Balangan dan Forkompimda. Secara simbolis Bupati Balangan H Abdul Hadi melakukan lemparan pertama lonta untuk membuka acara tersebut.

Disela kegiatan, Bupati Balangan H Abdul Hadi mengungkapkan bahwa kegiatan menjala, melonta dan bagagap iwak merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Inan dan sekitarnya.

"Saya berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan sehingga kedepannya bisa dijadikan objek wisata," ujarnya.


Diakuinya tradisi ini dilaksanakan sudah sejak puluhan tahun yang lalu. 

"Diharapkan hal ini berlanjut dan pemerintah daerah siap mendukung kegiatan ini. Untuk peserta pada tahun ini dari empat desa, yaitu Desa Inan Panggung, Galumbang dan Maradap dengan jumlah 200 orang lebih," jelasnya.

Dirinya mengaku sangat senang karena tradisi seperti ini juga menjadi kebiasaan dirinya sejak dulu.

"Kita melaksanakan ini dalam rangka sebagai hiburan dan silaturahmi untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Dan kegiatan menangkap ikan dengan cara menjala atau bagagap, juga sangat saya sukai," tuturnya.

Orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam tersebut juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Menjala dan Bagagap Iwak, berupa tropy, sepeda listrik, serta uang tunai.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB