Trending

Polres Balangan Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

APEL: Sejumlah anggota Polres Balangan saat melakukan apel pengamanan tahapan Pilkada 2024 di depan Kntor KPU - Foto Dok Mardiana


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, melalui Kasi Humas Polres Balangan, Iptu Eko Budi Mulyono menyampaikan, kesiapan Polres Balangan dalam melakukan pengamanan pada setiap tahapan Pilkada 2024.

"Sejak dimulainya tahapan Pilkada 2024, baik rekrutmen penyelenggara Pilkada tingkat kecamatan, dan desa, hingga nantinya berakhir kegiatan Pilkada, Polres Balangan siap melaksanakan pengamanan," terang Iptu Eko. 


Iptu Eko menyebutkan, dalam prosesnya Polres Balangan mendapat bantuan dari Kodim 1001/HSU-Balangan dan Satpol PP Kabupaten Balangan.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan daerah berpotensi kerawanan, baik pada wilayah terpencil atau yang sulit dijangkau, serta rawan bencana jelang penyelenggaraan Pilkada. 

Menurut Iptu Eko, pihaknya akan tetap berada di posisi netral pada Pilkada 2024. Sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Polri Pasal 28 ayat (1) dan ayat (2) yang memerintahkan anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.

Penegasan netralitas Polri juga tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri Pasal 5 Ayat (1) bahwa Polri merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Selanjutnya, PP Nomor 2 Tahun 2003 Tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri Pasal 5 Huruf B, Dalam Rangka memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat, Anggota Poiri dilarang melakukan kegiatan Politik Prastis dan Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2022 Pasal 4 Huruf H, dimana setiap pejabat Polri dalam etika kenegaraan wajib bersifat netral dalam kehidupan politik. 

"Dalam melaksanakan pengamanan Pilkada 2024 yang secara melekat mengawal dan mengamankan setiap jalannya tahapan Pilkada, Polres Balangan berkomitmen untuk menjaga netralitas pada Pilkada 2024," pungkasnya.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB